Kisah Gadis Tuna Rungu Di Parepare, Pembuat Tas Dari Limbah

Editor : Muhammad Tohir

Online24,Parepare-Tak mampu berbicara alias tuna rungu, tidak menjadi penghalang bagi Hasna warga Kelurahan Lomoe, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, untuk berkreasi. Hasna bahkan mampu menjadi seorang pengerajin aneka tas cantik, yang ia olah dari limbah Plastik.

“ memulai bisnis aneka Tas dari limbah plastik dua tahun lalu. Hasna belajar secara otodidak di internet atau di media sosial, “ Kata Hasni adik Hasna saat mendampingi kakanya di rumahnya, kamis (25/01/2018).

Menurut Hasni, Hasna belajat mebuat aneka tas dari limbah plastik ini juga karena sulitnya mencari pekerjaan di Kota Parepare. Saat Hasna menganggur ia melihat cara membuat tas di TV Nasional, kemudian keluarga memfasilitasinya dengan memberikan Smartphone agar Hasna bisa melihat cara membuat tas melalui internet.

“ Kurangnya lapangan pekerjaan jadi Hasna berusaha memutar otak untuk membuat eneka tas, Hasna belajar membuat tas dari internet. Dan Aneka tas yang diproduksi Hasna ini sudah dipesan hingga ke luar Kota Parepare.” Jelas Hasni.

Harga tas buatan Hasna itu bervariasi,mulai dari Rp. 40 ribu hingga Rp. 400 ribu rupiah. Aneka tas buatan Hasna ini juga bahkan kerap dipamerkan pada pameran yang dibuat Pemerintah yang digelar setahun sekali.

“ meskipun tidak tersentuh bantuan dari Pemerintah, kerajinan tangan buatan tangan Hasna ini tetap jalan sampai sekarang, “ Kata Hasni.