Kota Parepare Daerah UHC Seratus Persen

Reporter :
Editor : Muhammad Tohir

Online24, Parepare – Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menetapkan tiga kabupaten kota di Sulsel diantaranya Kota Parepare, Kota Palopo dan Kabupaten Luwu Timur, sebagai daerah Universal Health Coverage (UHC) dengan skala menyeluruh, atau 100 persen. Dimana ketiga daerah itu memiliki integritas dan dianggap memenuhi syarat, dengan mengcover semua warganya dalam layanan BPJS Kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan, dr Muhammad Yamin menjelaskan, kondisi Parepare saat ini telah lebih baik dari sebelumnya dalam sektor kesehatan. Pasalnya, layanan kesehatan di Parepare dapat dinikmati melalui BPJS Kesehatan, baik yang telah memiliki kartu maupun yang belum memiliki.

“Hal itu yang menjadi alasan, sehingga kota kita sudah 100 persen UHC. Semua warga Parepare, memiliki akses mendapat pelayanan kesehatan gratis. Baik dengan kartu BPJS maupun tanpa kartu,” ujarnya.

Sementara, Pengelola JKN-KIS Dinas Kesehatan Kota Parepare, Maasje, mengaku, dengan UHC tersebut, warga Parepare akan dipermudah untuk mendapatkan layanan BPJS Kesehatan. Menurutnya, warga yang belum memiliki kartu BPJS Kesehatan akan tetap dilayani.

“Warga yang mengalami keadaan darurat dan membutuhkan tenaga medis, baik di RSUD maupun di Puskesmas. Tetap akan terlayani, dengan melapor ke Dinas Kesehatan maka kepesertaan BPJS Kesehatan akan langsung diaktifkan, dan tidak perlu pakai jaminan,” ujarnya.

Bagi warga yang tidak mampu lanjut Maasje, secara otomatis mendapatkan kartu JKN-KIS. Dimana iuran perbulannya ditanggung Pemerintah Kota Parepare, melalui APBD.

“Ini merupakan bentuk kerjasama Pemkot Parepare dengan BPJS Kesehatan, jadi lebih mudah,” katanya.