Jelang Wisuda Santri, BKPRMI Sidrap Bekali Tim Munaqisy

Editor : Muhammad Tohir

Online24,Sidrap-Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Taman Kanak-kanak Alquran Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (LPPTKA BKPRMI) Kabupaten Sidenreng Rappang, melaksanakan Pelatihan Munaqisy (Penguji) sebagai Rangkaian tahapan dalam rangka Wisuda Santri di Aula Kementrian Agama Sidrap, Ahad (28/01/2018).

Kegiatan tersebut diikuti kurang lebih 80-an peserta yang merupakan Ustadz dan Ustadzah Guru Taman Pendidikan Alquran (TPA) dari berbagai kecamatan di Kabupaten Sidrap, mantinya para Peserta ini akan diberi mandat sebagai Tim Munaqisy (Penguji) pada kegiatan Munaqasyah Wisuda Santri.

Ketua DPD BKPRMI Sidrap, Siswadi, mengatakan, Pelatihan Munaqisy ini merupakan salah satu program kerja LPPTKA BKPRMI yang berorientasi pada peningkatan kualitas Tim munaqisy, begitu pula akan berdampak pada Kualitas Santri yang akan diwisuda.

“BKPRMI nantinya mengeluarkan kebijakan, yang berwenang untuk Menguji disetiap acara Munaqasyah Wisuda Santri adalah mereka para Ustadz/Ustadzah yang memiliki lisensi atau Syahadah sebagai Tim Munaqisy BKPRMI.” Katanya.

Siswadi berharap agar Guru TPA bisa maksimal dalam rangka persiapan Munaqasyah yang rencannya akan digelar pada pekan kedua dan ketiga bulan februari mendatang.

“logikanya, Kalau jumlah guru TPA yang mendapat insentif dari Pemda Sidrap yaitu 1.200 orang, maka setiap Guru mengutus 1 Santri untuk ikut Munaqasyah, maka jumlahnya bisa sampai 1.200 Santri”. Tambahnya.

Kepala Kemenag Sidrap, yang diwakili Kasi Peka pontren, H. Irman Baharuddin berharap, agar BKPRMI senantiasa berdampingan dengan Kemenag disetiap pelaksanaan kegiatan keagamaan, apalagi dalam rangka persiapan Wisuda Santri nanti,” kalau perlu kita datangkan Menteri Agama di Bumi Nene Mallomo,”Ujar Irman, yang juga sekretaris MUI Sidrap ini.

Irman juga berharap Wisuda Santri yang akan datang, bisa menghasilkan Santri berkualitas, karena diawali dengan pembekalan Tim Munaqisy, dan sebagai bentuk apresiasi, Irman menjanjikan agar BKPRMI merekomendasikan 3 orang Munaqisy terbaik untuk diberikan Insentif 3 juta pertahun.

Pelatihan Munaqisy ini menghadirkan Pemateri dari DPW BKPRMI Sulsel (Muh. Ali Hafid), LPPTKA BKPRMI Sulsel (Jamaluddin Suhufi) dan LPPTKA BKPRMI Sidrap (Ismail).