Ini Etika Naik Pesawat yang Membuat Perjalanan Jadi Nyaman

Editor : Muh. Idris

Online24,- Liburan dengan menggunakan tiket promo pesawat yang disediakan oleh berbagai macam layanan Travel Online memang selalu menyenangkan.

Selain harganya yang murah, seseorang bisa betah berlama-lama di sebuah layanan Travel Online untuk beberapa tempat wisata lainnya. Namun, sebagian masyarakat masih kurang peka dengan etika saat akan naik pesawat. Keasikan berburu tiket promo pesawat online terkadang membuat sebagian dari kita melupakan hal-hal sederhana saat akan berangkat dengan pesawat.

Nah, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan dengan pesawat nanti, beberapa etika ini mesti kita tanamkan terlebih dahulu di dalam diri sendiri agar perjalanan menuju tempat liburan berjalan dengan lancar.

1. Ikuti prosedur masuk ke terminal bandara

Hal pertama yang wajib kita pahami adalah prosedur masuk ke dalam terminal di bandara. Oleh karena itu, pastikan e-ticket yang didapatkan setelah membeli tiket pesawat untuk disimpan dengan baik. Sebelum masuk ke terminal perlihatkan e-ticket kita pada petugas sebagai bukti bahwa kita adalah penumpang yang akan berangkat dengan pesawat.

2. Patuh dengan perintah standar keamanan dari pihak bandara.

Meskipun menggunakan tiket promo pesawat yang kita dapatkan dengan harga murah, namun standar keamanan adalah hal penting yang wajib dipatuhi saat berada di bandara.

Sesaat akan masuk setiap penumpang diwajibkan untuk melewati pemeriksaan keamanan. Barang-barang yang dibawa harus disatukan di satu tempat bersama kunci, ponsel pintar, jaket, hingga ikat pinggang. Selanjutnya barulah kita akan melewati pemeriksaan dari petugas keamanaan. Hal ini wajib kita patuhi saat sudah berada di bandara, terutama saat melewati proses keamanan.

3. Bersikap ramah saat antri Boarding pass

Selain e-ticket dari tiket pesawat promo yang sudah kita beli, boarding pass adalah hal tidak jarang untuk mendapatkan boarding pass, kita harus rela mengantri. Oleh karena itu, bersikap ramah dan sopan saat akan mengambil boarding pass juga penting dilakukan.

Hal-hal sederhana seperti tidak menyela antrian adalah hal sederhana yang harus kita lakukan sebelum naik pesawat. Selain itu, pastikan juga bersikap ramah dengan petugas yang akan memberikan boarding pass kita.

Sampaikan informasi yang jelas tentang barang bawaan dan tujuan perjalanan dengan baik saat berbicara dengan petugas yang memberikan boarding pass kita.

4. Jaga ucapan dan sikap sebelum dan sesaat akan naik pesawat.

Setelah mendapatkan boarding pass barulah kita menuju pintu keberangkatan, dan tentu saja kita harus melewati prosedur keamanan sekali lagi.

Oleh karena pastikan sikap dan ucapan kita dijaga dengan baik dalam proses pemeriksaan ini. Sekali lagi, pastikan untuk tidak membawa benda-benda terlarang jika tidak ingin mendapatkan masalah. Selanjutnya, setelah berada di ruang tunggu jangan lupa untuk menjaga sikap dan ucapan dengan sesama penumpang lain sebelum keberangkatan.

5. Patuhi perintah standar keamanan dan kenyamanan dari maskapai penerbangan

Hal penting lainnya yang harus dijaga sebelum naik pesawat adalah mematuhi perintah standar keamanan yang disampaikan oleh awak kabin pesawat.

Jangan berbuat hal-hal aneh seperti menyela peragaan keamanan atau melakukan tindakan kriminal selama proses penerbangan akan dilakukan.

6. Ramah di dalam pesawat.

Setelah duduk di pesawat dan bersiap untuk terbang, tetap jaga keramahan dan kesopanan kita kepada penumpang yang lain. Hal-hal sederhana seperti tertib, posisi tidur, tangan, kaki hingga saat berada di toilet pesawat harus dijaga dengan baik selama penerbangan.

7. Jangan lupa jaga kebersihan.

Etika berada di dalam pesawat berikutnya adalah jangan lupa untuk menjaga kebersihan. Jika kita membawa camilan sendiri, pastikan untuk tidak menumpahkannya di dekat tempat duduk karena akan menganggu penumpang lain.

Selain itu, letakkan posisi majalah dengan baik setelah membaca, atau jika ingin membuang sampah mintalah kepada petugas sebuah kantong plastik yang digunakan untuk sampah, dan jangan diselipkan di depan kantung tempat duduk.
Selain itu, jagalah kebersihan toilet, jangan lupa untuk menyiram toilet setelah kita buang air kecil. (*/Rls)

Jangan Lewatkan Berita Terbaru lainnya
Ikuti Online24jam.com di social Media Kamu