Langit Berawan Warnai Gerhana Bulan di Makassar

Editor : Aris Munandar

Online24, Makassar – Gerhana bulan super blue blood moon di Makassar disaksikan dengan sempurna oleh masyarakat, Rabu (31/1/2018) malam. Pasalnya, cuaca mendukung pada rentang waktu terjadinya fenomena alam langka ini.

Pengamatan gerhana bulan yang dipusatkan di Anjungan Pantai Losari, Jalan Penghibur, Makassar menampilkan tiga fenomena sekaligus yakni gerhana bulan total (supermoon), gerhana bulan dua kali sebulan (blue moon), dan bulan warna merah darah (blood moon).

“Untuk kondisi cuaca hanya berawan saja, potensi hujan diprediksi hanya dinihari sampai pukul 03.00 Wita. Sampai gerhana bulan selesai pukul 23.00 Wita hanya berawan,” kata Fachri, Kepala Balai Besar BMKG Wilayah IV Makassar di lokasi.

Ia menghimbau agar warga yang tinggal di pesisir mengantisipasi datangnya banjir air rob karena dampak dari gerhana bulan kali ini akan mengakibatkan pasang surut air laut. Dari hasil pantauan BMKG, ketinggian air laut pada pukul 19.00 Wita mencapai 70 cm.

“Ketinggian maksimal pasang air di laut pukul 20.00 Wita malam, dengan kenaikan maksimal sekitar 1 meter dan gelombang 1,5 meter. Yang perlu diwaspadai untuk daerah pinggiran adalah banjir rob. Hujan di hulu menyebabkan banjir di sungai sehingga air di hilir tidak mengalir karena air laut naik,” tambahnya.

Penampakan sempurna super blue blood moon di Makassar terjadi pada pukul 20.51 Wita dan berlangsung 1 jam 16 menit.