Universitas Muhammadiyah Sinjai Ditargetkan Berdiri Tahun 2019

Editor : Aris Munandar
Wakil Ketua Tim Pembentukan UMSI, Dr. Umar Tjongge,  S.Sos M.Si
Wakil Ketua Tim Pembentukan UMSI, Dr. Umar Tjongge, S.Sos M.Si

Online24, Sinjai – Universitas Muhammadiyah Sinjai (UMSI) ditargetkan tahun 2019 akan segera berdiri di Kabupaten Sinjai, Provinsi Sulawesi Selatan.

Universitas ini merupakan penyatuan dua sekolah tinggi yakni Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (STISIP) Muhammadiyah dan Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Muhammadiyah Sinjai.

“Penyatuan dua kampus itu adalah memenuhi kebijakan pemerintah lewat Kemenristekdikti. Kebijakan itu melakukan penggabungan kampus dengan meningkatkan status dari sekolah tinggi jadi universitas,” kata Wakil Ketua Tim Pembentukan UMSI, Dr Umar Tjongge di Kantor Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Kamis (1/2/2018).

Ia menjelaskan, langkah yang ditempuh pihaknya yakni melakukan persiapan admnistrasi penggabungan serta mempersiapkan prodi baru sebagai syarat kehadiran universitas minimal mengelola 10 prodi.

Saat ini STISIP Muhammadiyah mengelola prodi S1 Administrasi Publik dan S1 Pemerintantah. Saat ini sedang menunggu izin operasional S1 Komunikasi.

“Sedangkan STIP Muhammadiyah Sinjai mengelola S1 Agroteknologi, S1 Manajemen Sumber Daya Perairan dan S1 Peternakan,” ungkap mantan anggota DPRD Kabupaten Sinjai ini.

Prodi baru tambahan yang dipersiapkan guna memenuhi syarat pembentukan universitas ini yakni; S1 Teknik Planologi, S1 Teknik Informatika, S1 Agronomi, S1 Hukum, S1 Manajemen dan S1 Akuntansi.