Selundupkan Sisik Penyu, 2 WNA Diancam 5 Tahun Penjara

Editor : Asri Muhammad
Reskrim Polretabes Makassar saat merilis kasus penyelundupan sisik penyu di Mapolrestabes Makassar, Jalan Ahmad Yani, Kamis (1/2/2018). Dua tersangka warga negara asing dan sebanyak 200 Kg Sisik Penyu berhasil diamankan.

Online24, Makassar – Dua orang Warga Negara Asing (WNA) asal Tiongkok terancam hukuman penjara selama lima tahun, karena melakukan tindak pidana penyelundupan sisik penyu secara ilegal sebanyak 200 kg dari Sorong, Papua Barat.

Keduanya adalah Chen Jianyi alias Aii (25) dan Zhong Qiushan alias Acong (31) ditangkap oleh anggota Jantanras Polrestabes Makassar di salah satu rumah di Jalan Sunu, Kompleks Unhas Blok M 9 Makassar, Selasa (30/1/2018) lalu.

Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, AKBP Anwar Hasan mengatakan, setelah dilakukan penyidikan, diketahui pelaku telah melanggar pasal 40 ayat 2 yunto pasal 21 Undang-undang No 5 Tahun 1990 tentang sumber daya alam hayati.

“Pelaku terancam pidana lima tahun penjara karena melanggar Undang-undang tentang sumber daya alam hayati,” ucapnya saat menggelar rilis di Mapolrestabes Makassar, Kamis (1/2/2018).

Selain itu, Anwar menambahkan terkait kasus keimigrasian para tersangka pihak Polrestabes Makassar masih mendalaminya dan akan berkoordinasi dengan pihak duta besar China yang ada di Jakarta.

“Untuk kasus keimigrasian tersangka masih didalami dan itu akan dilakukan oleh kasat intel kami,” lanjutnya.

Dihadapan petugas pelaku mengaku sisik penyu tersebut akan diekspor keluar dari imdonesia kemudian akan diolah menjadi aksesoris seperti cincin, gelang, serta gagang kacamata.(*/afid)