Tim Vesitasi Ubah Status PKM Cabbenge jadi Rumah Sakit 

Editor : Muh. Idris

Online24, Soppeng – Tim vasitasi Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan berkunjungan ke Soppeng dalam rangka peningkatan puskesmas Cabbenge menjadi RSUD kelas D.

Dalam kunjungan tersebut tim vasitasi Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan yang  dipimpin langsung dr.H.Muhammad Ichsan Mustari, mengecek langsung fasilitas puskesmas Cabbeng yang nantinya akan dijadikan rumah sakit penyangga.

Menurutnya, perubahan status Puskesmas menjadi rumah sakit kelas D memiliki beberapa syarat seperti, dokumen, admhinsatrasi, studi kelayakan, dua jenis dokter ahli, masterplan, UKL/UPL dan bangunan.

Untuk itu Ketua Tim Vastasi Dinas Kesahatan Provinsi sulawesi selatan dr.H.Muhammad Ichsan Mustari, mengatakan sangat mengapresiasi pemerintah kabupaten Soppeng untuk menjadikan puskesmas cabbeng menjadi rumah sakit penyangga. Dan pihaknya sudah melakukan pengecekan puskesma tersebut.

“Asumsi kami bahwa puskesmas cabbeng layak menjadi Rumah sakit kelas. Tapi tergantung dari pemerintah kabupaten agar cepat mengurus dokumen dan administrasi  yang diperlukan, hal ini menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah kabupaten untuk mengubah status puskesmas.” ujar ketua IDI Sulselbar tersebut.

Sementra itu Sarianto Plt kadis Kesehatan soppeng mengatakan puskesmas Cabbenge secepatnya akan diubah menjadi rumah sakit kelas D. Untuk bisa menopang akreditasi Rumah Sakit Daerah Latemammala menjadi rumah sakit kelas B.

“Insya Allah tahun ini puskesmas cabbeng akan menjadi rumah sakit kelas D karna ini merupakan visi-misi pemerintah soppeng yakni Pemberikan layanan kesehatan unggul dan murah” ucapnya.(*/Rls)