Mkhitaryan-Aubameyang Jadi Inspirasi Kemenangan 5-1 Arsenal

Editor : Aris Munandar
Aubameyang mencetak gol perdananya bagi Arsenal. foto: Arsenal.com
Aubameyang mencetak gol perdananya bagi Arsenal. foto: Arsenal.com

Online24, London – Henrikh Mkhitaryan dan Pierre-Emerick Aubameyang menjalani debut sebagai starter kala Arsenal menjamu Everton. Kehadiran keduanya menginspirasi kemenangan telak 5-1 The Gunners.

Menerima lawatan Everton di Emirates Stadium, Minggu (4/2/2018) dinihari Wita, Arsenal mengawali dengan tangguh. Tuan rumah bahkan langsung unggul di menit keenam.

Meski merupakan muka baru, keduanya terlihat sudah cukup klop dengan permainan tim. Mkhitaryan dan Aubameyang bahkan sudah langsung berkontribusi pada gol pertama Arsenal yang dicetak Aaron Ramsey pada menit keenam. Kerja sama apik Aubameyang dan Mkhitaryan berujung peluang untuk Ramsey, dan dituntaskan dengan baik.

Laurent Koscielny menggandakan gol di menit ke-14. Ramsey mencetak gol kedua pada menit ke-19, disusul gol debut Aubameyang pada menit ke-37. Babak pertama diakhiri Arsenal dengan keunggulan 4-0.

Everton menghidupkan kans lewat gol Dominic Calvert-Lewin di menit ke-64. Tapi Arsenal kembali memperlebar jarak melalui gol ketiga Ramsey pada menit ke-74 dan menutup laga dengan skor 5-1 untuk keunggulan Arsenal.

Mkhitaryan mencetak tiga assist di laga ini, sementara Aubameyang membuat satu gol. Sebuah catatan yang bisa dibilang mengesankan di awal karier keduanya bersama ‘Meriam London’.

Mkhitaryan dan Aubameyang bahkan bisa saja mengukir catatan lebih baik lagi, karena sama-sama punya sejumlah peluang bagus. Mkhitaryan punya dua peluang bagus, namun yang pertama berakhir melenceng tipis di samping gawang dan yang kedua masih tepat ke arah kiper.

Sedang Aubameyang punya setidaknya satu kesempatan lain yang bagus, saat menyambar umpan silang Ramsey. Tembakannya diblok bek Everton dan cuma menghasilkan korner.

Untuk Mkhitaryan, Opta mencatat bahwa dia adalah pemain Arsenal pertama yang bisa mencatatkan tiga assist atau lebih di partai Premier League sejak Mei 2013. Catatan sebelumnya diukir oleh Santi Cazorla yang bikin empat assist sekaligus di satu partai.

Ini jadi momentum kebangkitan bagus untuk Arsenal usai kalah 1-3 dari Swansea City di tengah pekan kemarin. ‘Meriam London’ masih tertahan di posisi enam dengan nilai 45 dari 26 pertandingan. Sementara Everton di tempat ke-10 dengan 31 poin.

Susunan pemain:

Arsenal: Cech (Ospina 70′); Bellerin, Koscielny, Mustafi, Monreal (Kolasinac 46′); Ramsey (Wilshere 75′), Xhaka; Mkhitaryan, Ozil, Iwobi; Aubameyang

Everton: Pickford, Kenny, Keane (Davies 46′), Williams, Mangala, Martina; Walcott (Calvert-Lewin 61′), Schneiderlin, Gueye, Bolasie; Niasse (Tosun 78′)