Penalti Kontroversi Harry Kane Buyarkan Kemenangan Liverpool

Editor : Andhika BD
foto Twitter @LFC
foto Twitter @LFC

Online24, Liverpool – Penalti kontroversial yang dicetak Harry Kane di babak tambahan waktu mengantarkan Tottenham Hotspur memetik hasil imbang 2-2 kontra Liverpool di Anfield, Minggu (5/2/2018) dini hari Wita.

Gol yang dicetak dari titik putih pada menit 90+5 itu merupakan gol ke-100 bagi Harry Kane dalam 141 pertandingan Liga Inggris. Keputusan wasit memberi penalti kedua bagi Spurs sempat memantik protes dari pemain Liverpool karena menilai Van Dijk tak melanggar Lamella.

Liverpool unggul 1-0 di babak pertama. Gol dari Salah yang membawa Si Merah unggul atas Spurs. Gol itu berawal dari backpass Eric Dier, yang tak bisa diamankan pemain belakang Spurs. Salah bisa mencuri bola, tinggal berhadapan dengan kiper Spurs, Hugo Lloris. Dengan tenang pemain asal Mesir itu menceploskan bola ke dalam gawang.

Taktik pressing yang diterapkan Liverpool terbukti manjur untuk mencegah Tottenham memainkan umpan-umpan pendek, sehingga mereka hanya bisa melancarkan umpan panjang dari belakang ke depan untuk menghindari lini tengah The Reds.

Pocchettino kemudian memasukan Victor Wanyama menggantikan Dembele pada sisa 10 menit. Namun tanpa disangka, Wanyama mencetak gol dalam sentuhan pertamanya untuk mengubah skor menjadi 1-1.

Drama pun terjadi saat Harry Kane mendapatkan penalti menyusul pelanggaran Loris Karius. Beruntung, sepakan 12-pas itu tidak berbuah gol karena sepakan Kane mengarah ke tubuh kiper pada menit 87.

Pendukung Liverpool bersorak saat Mohamed Salah mencetak gol dari sudut sempit setelah mengelabuhi empat pemain Tottenham pada menit 90+1 dalam serangan balik dari sisi kanan.

Liverpool dihukum penalti lagi di menit 90+5. Pemain Spurs, Erik Lamela, melakukan diving setelah tak disentuh oleh Virgil Van Dijk. Wasit menunjuk titik putih.

Dalam tayangan ulang, penalti itu terjadi setelah Van Dijk menjatuhkan Lamela dari belakang. Pemain Liverpool pun mengajukan protes kepada wasit, namun penalti tetap dijalankan oleh Kane.

Kane kali ini mencetak gol. Tak lama kemudian laga selesai, skornya 2-2.

Setelah laga berakhir, pemain-pemain Liverpool pun menghampiri wasit untuk mengajukan protes namun dicegah oleh Juergen Klopp yang berlari ke lapangan untuk menarik para pemainnya.

Liverpool bertahan di peringkat tiga dengan 51 poin, unggul dua angka dari Spurs di posisi lima, demikian Premier League.

Susunan Pemain

Liverpool: Karius, Alexander-Arnold, Van Dijk, Lovren, Robertson, Can, Henderson (Wijnaldum 65), Milner (Matip 78), Firmino, Salah, Mane (Oxlade Chamberlain 65)

Spurs: Lloris, Trippier, Vertonghen, Sanchez (Lamela 71), Davies, Dier, Dembele (Wanyama 79), Eriksen, Alli, Son (Llorente 90), KaneLlorente, Serge Aurier, Harry Winks.