DILAN 1990 Sudah Tembus 3,3 Juta Penonton, Mampukah Lampaui Rekor Warkop DKI Reborn?

Editor : Aris Munandar

Online24, Makassar – Jika muncul pertanyaan apa film Indonesia paling heboh saat ini? Kita sudah pasti menebak sudah pasti DILAN 1990. Film yang diangkat dari novel karya Pidi Baiq ini memang berhasil merajai bioskop-bioskop lokal.

Film yang dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla ini dari awal pembuatan sudah memang sudah jadi perhatian. Sempat diwarnai pro dan kontra, terutama soal pemilihan pemain, DILAN 1990 malah banjir pujian dan berhasil bikin baper banyak orang yang sudah nonton.

Bukan cuma pujian, prestasi lain yang juga fenomenal diraih oleh film ini. Dari segi penonton DILAN 1990 meraih jumlah penonton luar biasa dalam waktu singkat. Tayang perdana pada 25 Januari, DILAN 1990 sudah meraih 3.346.000 penonton hanya dalam waktu tepat sepuluh hari saja.

Pengumuman jumlah penonton fantastis diumumkan oleh Falcon Pictures di Instagram resmi mereka. “Total hari ke 10 3.346.000 penonton. Terima kasih dukung terus perfilman Indonesia,” ucap pihak Falcon dilihat Online24jam.com, Senin (5/2/2018).

Masih banyak yang penasaran dengan kisah cinta Dilan dan Milea, jadi tampaknya film ini masih akan bertambah terus jumlah penontonnya.

Lantas mampukah DILAN 1990 jadi film Indonesia terlaris sepanjang masa di Tanah Air? Melihat progresnya, sepertinya belum bisa melampaui rekor film terlaris sepanjang masa yang masih dipegang film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1.

Film yang juga diproduksi Falcon dan disutradarai Anggy Umbara ini mampu menembus angka 2 juta lebih penonton hanya dalam lima hari tayangnya sejak dirilis 8 September 2016 di bioskop.

Dari laman Wikipedia, film adaptasi dari Warkop DKI yang dibintangi Abimana Aryasatya (Dono), Vino Bastian (Kasino), dan Tora Sudiro (Indro) ini mencapai 6.8 juta penonton. Mengungguli Laskar Pelangi (2008) yang mencapai angka 4,7 juta lebih penonton disusul Habibie & Ainun (2012) diangka 4,5 juta lebih penonton.

Kendati demikian, progres jumlah penonton DILAN 1990 mendapat apresiasi dari berbagai kalangan.

Seperti dari penyanyi Aura Kasih yang serasa takjub dengan magnet yang ditunjukkan film ini kepada penonton di bioskop-bioskop seluruh Indonesia. “Gilaaaaaaaaaa !!!!!!,” tulisnya di kolom komentar dengan akun Instagram @aurakasih.

“Nyampe lah 5 juta,” tulis @nadiaardi.a.

“Kereeen mau nonton lagi ga bosen,” komentar @fathinnisrini.

Daftar 10 film terlaris sepanjang masa:

Daftar 10 film terlaris sepanjang masa di Indonesia. Sumber: Wikipedia.