Google Ikut Garap Proyek Pen Stylus Universal

Editor : Aris Munandar
pen stylus. foto: coolpile.com
pen stylus. foto: coolpile.com

Online24, Makassar – Dua raksasa teknologi, Google dan M3 dikabarkan telah sepakat bekerjasama untuk proyek pembuatan pen stylus universal sehingga dapat dipakai pada hampir semua perangkat.

Dilansir dari dailymail, Senin (5/2/2018), proyek yang disebut Universal Stylus Initiative (USI) itu telah diciptakan pada tahun 2014 dan melibatkan beberapa perusahaan teknologi raksasa seperti Intel, LG, Dell serta Wacom.

Sementara itu perusahaan teknologi kelas kakap seperti Apple, Microsoft dan Samsung masih belum bergabung dalam proyek tersebut. Akan tetapi, Dengan masuknya Google dalam proyek tersebut, akan menambah kekuatan dari ekosistem stylus aktif di seluruh dunia.

Meski begitu tentu alasan mengapa Apple, Microsoft dan Samsung belum bergabung pada proyek itu karena raksasa teknologi tersebut sudah memproduksi stylus mereka sendiri.

Apple sendiri sudah menyematkan Apple pencil pada iPad Pro yang diluncurkan pada November 2015 lalu. Sementara, Microsoft Surface Pen sudah tersedia sejak pertengahn tahun 2017. Adapun Samsung, telah meluncurkan stylus bersamaan dengan smarphone andalannya Galaxy Note.

Diketahui, perangkat tersebut akan berisi sensor yang dapat mendeteksi tekanan, gerakan dan orientasi perangkat. Standart USI mengenali hingga 4.096 tingkat sensivitas tekanan.

Penggunaan stylus ini nantinya akan digunakan untuk bekerja seperti seorang arsitektur yang dapat menggambar pada perangkat layar sentuh yang sama. (*/ijaz)