Bawa Kabur Anak Tanpa Izin Ibu dari Argentina, Ayah Alum Ditahan Interpol

Editor : Asri Muhammad

Online24, Makassar – Jorge Langone bersama pasangannya Candela Gutierrez, akan diamankan sementara oleh NCB Interpol Indonesia karena diduga telah melakukan tindak pidana penculikan terhadap anak kandungnya, Alum Lagone Avalus (7) WNA asal Argentina.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris National Central Biro (NCB) Interpol Indonesia, Brigjen Pol Napoleon Bonaparte, saat press realese di Mapolda Sulsel, Rabu (7/2/2018).

“Berdasarkan permintaan penegak hukum di Argentina melalui Interpol Lyon Prancis meminta seluruh negara Interpol untuk menangkap Jorge dan Candela karena diduga telah melanggar pidana di negara asalnya. Karena hukum nasional Argentina membawa lari anak tanpa seizin oleh ibu kandungnya adalah sebuah tindakan pidana,” ujar Napoleon.

Sebelumnya, pihak Interpol di Lyon, Prancis, telah mengeluarkan red notice kepada mereka berdua, dan meminta kepada seluruh anggota Interpol dunia untuk menangkapnya untuk sementara selama 20 hari, sambil menunggu proses ekstradisi.

“Atas permintaan Interpol di Lyon, kita hanya mengamankannya selama 20 hari kemudian proses selanjutnya akan ekstradisi,” imbuhnya.

“Sementara untuk Alum, kita hanya melakukan pengamanan dan penyelamatan kemudian akan diserahkan ke kedutaan besar Argentina,” sambung Bonaparte.

Sementara itu, Pihak Kedutaan Besar Republik Argentina yang diwakili oleh Kepala Bagian Konsuler, Martin Costanzo, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu menemukan Alum.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Indonesia, Interpol, Polda Sulsel dan Polres Tana Toraja karena membantu menemukan Alum,” tandasnya.

Diketahui sebelumnya Polres Tana Toraja berhasil menemukan WNA asal Alum Lagone Avalus beserta ayah kandungnya Jorge Langone dan pasangan nya bernama Candela Gutierrez sedang berada di Wisma Sallebayu Restaurant & Bungalows, Kelurahan Panta’nakan Lolo, Kecamatan Kesu’, Kabupaten Toraja Utara, Selasa (6/2/2018) kemarin.(*/afid)