Fix Mattoangin Tak Lolos Verifikasi, Robert: Kita Punya Santiago Bernabeu

Editor : Aris Munandar
Robert Rene Alberts
Robert Rene Alberts

Online24, Bali – PSM Makassar dipastikan tidak bisa menggunakan Stadion Andi Mattalatta Mattoanging sebagai markasnya di Liga 1 2018. Hal ini setelah PT Liga Indonesia Baru (LIB) melakukan verifikasi dan menyatakan stadion itu tidak memenuhi syarat.

COO PT LIB, Tigor Shalom Boboy mengatakan melalui hasil tim verifikasi ada beberapa catatan utama yang segera perlu dibenahi, seperti akses dan kenyamanan penonton, tim tamu, dan yang paling kurang adalah pencahayaan stadion yang jauh dari syarat yang ditentukan.

“Detailnya kita harus sampaikan ke klub dulu. Hanya bisa kasih tau kalau tidak memenuhi syarat,” jelas Tigor, Rabu (7/2/2018).

Tigor menjelaskan memberi waktu kepada manajemen klub untuk segera membenahi kekurangan paling lambat sepekan sebelum Liga 1 bergulir. “H-2 semua harus sudah fix,” tegasnya.

Namun sembari bermain di Stadion Batakan, Balikpapan yang ditunjuk sebagai stadion alternatif, Tigor menegaskan PSM bisa kembali jika aspek yang kurang telah dibenahi.

“Dilihat waktunya, kalau memang sudah memenuhi syarat silahkan kembali,” terangnya.

Sebelumnya, pelatih PSM, Robert Rene Alberts hanya pasrah jika timnya harus menjadi tim musafir. Karena menurutnya, memang Stadion Mattoanging tidak memenuhi syarat terutama dari aspek pencahayaan dan keamanan.

“Kita memang punya Stadion Mattoanging, tertua yang tidak ada samanya di Indonesia saat pertama kali saya datang 2010. Tapi mau diapa di sana tidak ada stadion yang lebih bagus dari itu. Pencahayaan dan keamanan katanya tidak memenuhi standar, dan kita sudah bicarakan ini sejak dua tahun lalu itu minta diupgrade,” kata Robert usai latihan di Bali.

Stadion yang didaftarkan PSM sebagai alternatif adalah Stadion Batakan, Balikpapan. Terkait hal ini, juru racik asal Belanda itu bercanda kepada awak media dengan menyebut timnya bakal bermarkas di stadion milik Real Madrid, Santiago Bernabeu Stadium.

“Jika nanti stadion kita tidak bisa main di Makassar, kita sudah punya stadion alternatif. Mungkin kita punya kesempatan main di Spanyol, Bernabeu,” tandasnya sambil tertawa.