Kim Jong-un Kirim Adik Perempuannya ke Korea Selatan, Ini Tujuannya

Editor : Aris Munandar
Foto pada 2015 memperlihatkan Kim Yo-jong bersama sang kakak menginspeksi perusahaan pertahanan Sin Islet. foto: AFP PHOTO / KCNA via BBC Indonesia.
Foto pada 2015 memperlihatkan Kim Yo-jong bersama sang kakak menginspeksi perusahaan pertahanan Sin Islet. foto: AFP PHOTO / KCNA via BBC Indonesia.

Online24, Pyongyang – Kim Yo-jong, adik perempuan yang berpengaruh dari pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, dijadwalkan menghadiri pembukaan Olimpiade Musim Dingin di Korea Selatan, Jumat ini (9/2/2018).

Kim Yo-jong adalah anak bungsu mendiang pemimpin Korea Utara, Kim Jong-il. Peran adik Kim Jong-un ini diperkuat tahun lalu ketika ia diangkat menjadi pengurus politbiro di Partai Pekerja.

Diberitakan BBC Indonesia, Kim Yo-jong akan menemani Kim Yong-nam, kepala negara yang jabatannya seremonial saja, dalam acara pembukaan pesta Olimpiade Musim Dingin.

Namun, kata para ahli, partisipasi Korut ini tampaknya tidak akan punya dampak pada ambisi nuklir negara itu.

Amerika Serikat bahkan sudah mewanti-wanti bahwa Korut menggunakan Olimpiade Musim Dingin sebagai propaganda. Oleh karenanya, Amerika mengutus Wakil Presiden Mike Pence ke pembukaan Olimpiade untuk menangkal upaya Korut.

“Kita menghadiri Olimpiade untuk memastikan Korea Utara tidak menggunakan simbolisme kuat di balik Olimpiade Musim Dingin untuk menutup-nutupi fakta tentang rezimnya,” kata Wapres Mike Pence.

Kim Yo-jong diyakini lahir pada 1987 atau empat tahun lebih muda dari Kim Jong-un. Dia diyakini sebagai salah satu orang kepercayaan Kim Jong-un yang paling dekat. Mereka lahir dari ibu yang sama, Ko Yong-hui.