RSUD Parepare, Tingkatkan Layanan Dan Tambah Fasilitas

Reporter :
Editor : Muhammad Tohir

Online24, Parepare -Fasilitas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Parepare kini tergolong memadai. Hal ini dibuktikan dengan peralatan medis serta ketersediaan obat yang cukup, dan didukung sumber daya manusia atau tenaga medis dan perawat berkualitas. Rumah Sakit rujukan tersebut diyakini akan menjadi sarana pelayanan medis pilihan terbaik bagi masyarakat, baik itu lokal maupun dari luar provinsi. Dan itu akan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Kota Parepare khususnya.

Plt. Direktur Rumah Sakit, dr. Renny Anggreani Sari, mengatakan, menagemen rumah sakit tipe B tersebut, tengah membangun sejumlah insfratruktur dalam upaya peningkatan pelayanan. Tidak hanya itu, pihaknya juga telah melakukan pembenahan dari aspek pengelolaan keuangan, yakni dengan cara megefesiensikan anggaran terhadap pengadaan .

“Kita membangun insfratruktur sebagai sarana dalam mendukung sistem pelayanan kami. Atas suport dari bapak walikota kami komitmen agar pola pelayanan kami semakin baik,” ujar Renny.

Menurut dr Reny, dengan dukungan fasilitas insfratruktur tersebut, pihaknya kian termotivasi dalam melahirkan sebuah inovasi. Memperkuat standarisasi penanganan medis dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat atau pasien.

“Ya, tentu, sudah menjadi ketentuan dalam dunia medis, semua harus memenuhi standar tinggal bagaimana dilakukan perkuatan agar pelayana kami tidak mengecewakan masyarakat,” katanya.

Namun, kata dia, keluhan serta kritik dari sejumlah pihak tidak bisa lepas terhadap upaya perbaikan yang tengah di lakukan pihaknya. Meski begitu, hal tersebut justru dijadikan sebagai sebuah motivasi, dan bahan koreksi pihak menagemen.

“Kami menyadari bahwa apa yang kami lakukan dalam upaya peningkatan pelayanan selama ini tidak kemudian semua merasa puas, namun hal itu malah membuat kami termotivasi untuk melakukan lebih baik lagi. Kita melakukan koreksi lalu perbaikan sistem yang dinilai masih butuh peningkatan,” terangnya.

Yang pasti, kata dia, pihaknya terus berupaya untuk bagaimana cara meminimalisir keluhan yang ada. Layanan aduan yang dioprasikan pihaknya ada salah satu upaya akan persoalan teraebut.

“Kita tidak berhenti untuk berupaya meminimalisir keluhan yang ada. Insya Allah, kedepan rumah sakit kita menjadi rumah sakit yang memiliki sistem pelayanan yang prima” ungkapnya.

Di Tahun 2018, akhir priode pertama Walikota Parepare, HM Taufan Pawe, memang tengah menggenjot pembangunan insfratruktur, terutama pada Rumah Sakit Andi Makkasau tersebut.

Kebijakan walikota Taufan Pawe, mengganti kursi pelaksana tugas rumah sakit di tahun 2017 lalu, dinilai tepat. Persoalan sistem menagemen yang sebelumnya kurang berfungsi maksimal kini mulai bangkit. Sehingga perlahan namun pasti kekurangan pada fungsi pelayanan sebelumnya kini dapat teratasi dan bahkan mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Tidak sedikit kalangan menilai, bahwa pelayanan di rumah sakit tersebut telah mengalami perubahan yang jauh lebih baik.