Gelar Pawai Budaya Wujud Pemkot Parepare Menjaga Kelestarian Budaya

Reporter :
Editor : Muhammad Tohir

Online24, Parepare -Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar pawai budaya di Taman Mattirotasi, Kamis (08/02/2018). Event ini untuk memeriahkan HUT Kota Parepare ke-58, dengan melibatkan 134 Kontingen, yang teridiri dari siswa-siswi Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe yang membuka pawai budaya mengatakan, event ini digelar sebagai upaya pemerintah menjaga dan melestarikan budaya yang ada di Parepare.

“Ini adalah komitmen kita, dimana pemerintah dan masyarakat bersama menjaga dan melestarikan budaya yang kita miliki. Kita sangat sadar, jika nilai-nilai budaya itu sangat penting,” tegas Taufan.

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Dinas Pendidikan Kota Parepare, Mustadirham, menyampaikan, tujuan dari event tersebut untuk memperkenalkan budaya dan ikon yang dimiliki Kota Parepare.

“Melalui pawai budaya ini, kita kenalkan budaya kita. Selain itu, juga merupakan program kerja dari bidang Bebudayaan Disdikbud. Dimana dananya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018,” jelas dia.

Lebih lanjut Mustadirham, mengaku, jika pawai budaya tersebut juga dilombakan dengan berbagai kriteria. Seperti, kategori ikon kota, keberagaman budaya dan keindahan sarana yang dikenakan.

“Ikon kota yang dibawa peserta menjadi penilaian kita. Ditambah keberagaman budaya dari busana yang ditampilkan, dan keindahan dari dekorasi yang dibawa,” ujarnya.

[fbcomments]