Google Flights Dapat Memprediksi “Delay” Penerbangan

Editor : Aris Munandar
Google Flights bisa deteksi delay. foto: TechCrunch via Kompas.com
Google Flights bisa deteksi delay. foto: TechCrunch via Kompas.com

Online24, Makassar – Google meluncurkan beberapa fitur baru pada Google Flights untuk membantu orang-orang mengatasi beberapa hal dalam perjalanan yang menggunakan penerbangan, yakni “delay” atau penundaan dan masalah mengenai tarif Basic Economy yang lebih murah.

Dengan mengamati waktu penerbangan tertunda, Google Flights tidak akan hanya mengambil informasi dari maskapai penerbangan langsung. Namun juga akan memanfaatkan pemahaman dari data riwayat dan mesin yang mempelajari algoritma untuk memprediksi delay yang belum ditandai oleh maskapai penerbangannya sendiri

Google sesumbar informasi delay bakal lebih duluan tertera pada layanan Flights ketimbang maskapai yang bersangkutan. Informasi delay bakal dibagi jika Google sudah yakin 80 persen atas prediksinya.

Lantas bagaimana cara mengetahui jadwal delay di Google Flights? Anda cukup memasukkan nomor penerbangan, nama maskapai, dan rute perjalanan (dari mana ke mana), pada laman mesin pencari Google.

Informasi delay akan muncul pada hasil pencarian. Jika jadwal diprediksi tepat waktu, antarmuka menampilkan label berwarna hijau. Sementara jika delay, labelnya menjadi merah.

Alasan penyebab delay juga terakomodasi pada Google Flights. Misalnya, karena hal-hal lumrah seperti cuaca atau kedatangan pesawat yang tak sesuai jadwal.

Meski demikian, prediksi bisa saja salah. Google Flights tak bisa dijadikan rujukan satu-satunya hingga maskapai benar-benar mengonfirmasi.

Fitur baru lainnya yang baru saja ditambahkan ada bertujuan untuk membantu orang-orang memahami mengenai apa yang termasuk dan tidak termasuk dalam tarif Basic Economy dengan harga tiket mereka.

Tarif murah tersebut sering menjadi pilihan bagi para travelers yang memiliki anggaran tertentu, namun hal tersebut memiliki sejumlah batasan yang berbeda-beda tergantung dari maskapai penerbangannya.

Google Flights juga sekarang akan menampilkan batasan-batasan yang terkait dengan tarif tersebut, seperti batasan menggunakan kabin atau kebebasan memilih tempat duduk, serta biaya tambahan untuk bagasi. Hal ini awalnya dilakukan untuk penerbangan American, Delta dan United di seluruh dunia.