Beredar Poster Iklan Bola Tahun 1954, Pasukan Ramang Cetak 22 Gol di Tiga Laga

Editor : Aris Munandar
poster iklan bola tahun 1954
poster iklan bola tahun 1954

Online24, Makassar – Sebuah poster iklan perhelatan sepakbola tahun 1954 beredar ramai di media sosial. Poster tersebut menunjukkan bagaimana kejayaan Pasukan Ramang tempo dulu saat masih bernama Makassar Voetbal Bond (MVB) atau Bond Makassar.

Bond Makassar yang kala itu masih diperkuat legenda Ramang tampil trengginas di tiga laga perdananya dalam sebuah turnamen yang digelar di Kediri. Tak tanggung-tanggung 22 biji gol mampu disarankan Ramang dkk ke gawang klub Balikpapan, Menado (Manado), dan Ambon.

Si penulis dalam poster tersebut memberi kredit khusus kepada Ramang yang menjadi goalgetter bagi Bond Makassar.

Ramang, legenda PSM Makassar. foto: Wikipedia

Laga selanjutnya, Bond Makassar menghadapi Persik (Bond Kediri) pada 3 Agustus 1954. Persik kala itu mengandalkan penyerangnya Ariadji atau dijuluki Si Kancil.

Si penulis mengajak masyarakat menyaksikan aksi keduanya saling menguji kekuatan di Lapangan Setonobetek, Kediri. Karcis dijual dengan harga bervariasi. Untuk kelas VIP atau mendapat tempat duduk dijual Rp5, sedangkan untuk karcis dimana penonton hanya berdiri seharga Rp3.

Sehari setelahnya, Ramang dkk akan menantang Kesebelasan Karesidenan Kediri. Klub ini diperkuat oleh pemain-pemain dari seluruh Karesidenan. Daerah Karesidenan Kediri kala itu melingkupi beberapa daerah di Jawa Timur.

Andi Ramang, nama lengkapnya lahir di Barru, Sulawesi Selatan, 24 April 1924 dan meninggal di Makassar, Sulawesi Selatan, 26 September 1987 pada umur 63 tahun. Legenda PSM ini berposisi sebagai penyerang. Dia pernah mengantarkan PSM (MVB) ke tangga juara pada era Perserikatan serta pernah memperkuat Timnas Indonesia dimasanya.