Wujudkan Kabupaten Luwu Timur Layak Anak, Dinsos P3A Laksanakan Musrembang Anak

Editor : Aris Munandar

Online24, Luwu Timur – Dalam rangka penguatan partisipasi anak dalam pembangunan untuk mewujudkan Kabupaten Luwu Timur menjadi kabupaten layak anak, Dinas Sosial, Pemberdayaan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Luwu Timur mengadakan musrembang anak di Gedung Simpurusiang, Jumat (09/02/2018).

Kegiatan ini bertujuan sebagai wadah penyaluran aspirasi guna mewujudkan perlindungan dan kesejahteraan anak. Kepala Dinsos P3A Kabupaten Luwu Timur, Sukarti dalam laporannya mengatakan dengan kegiatan ini anak-anak akan lebih percaya diri dan nyaman dalam memberikan pandangan dan pendapat mengenai hal-hal yang perlu mendapat prioritas.

Bupati Luwu Timur dalam sambutan yang dibacakan oleh Staf Ahli Hukum dan Pemerintahan, Budiman mengatakan, musrembang anak merupakan wujud keterpaduan dan sinergitas perencanaan antara pemenuhan hak anak dan peran pemerintah dalam meningkatkan kemandirian anak karena telah diatur dalam Undang Undang No 23 Tahun 2002.

“Setiap anak berhak untuk hidup,tumbuh,berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi,” ujarnya.

Lanjut Budiman, kita telah melaksanakan kegiatan kongres anak dan pembentukan kelembagaan forum anak dan hari ini kita kembali melaksanakan musrembang anak, semua ini merupakan langkah nyata mewujudkan perlindungan dan kesejahteraan anak di Kabupaten Luwu Timur.

“Saya harap ‘Forum anak atau musrembang anak ini tidak hanya berada ditingkat Kabupaten, tapi dapat terlaksana sampai tingkat kecamatan,” ucapnya.

Kegiatan musrembang ini diikuti sebanyak 150 siswa dan siswi SLTP/SLTA Negeri dan swasta dari 11 Kecamatan se-Kabupaten Luwu Timur.