Bawa Uang Ratusan Juta, Seorang Penumpang Air Asia Gagal Berangkat

Editor : Muh. Idris
Online24, Makassar– Seorang penumpang pesawat Air Asia tujuan Kuala Lumpur, Malaysia bernama Heri Sugianto (52) terpaksa harus menunda keberangkatannya, Minggu (11/2/2018).
Hal tersebut terjadi karena petugas X Ray melalui pemeriksaan Security Check Point (SCP) khusus bandara Internasional Sultan Hasanuddin mendeteksi sejumlah uang sebesar Rp 350 juta di dalam tas rangsel warna merah miliknya. Kemudian penumpang tersebut dilaporkan ke Squad leader dan petugas Beacukai.
Barang bukti uang ratusan juta rupiah dalam koper.
Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, petugas Beacukai tidak mengizinkan membawa uang sebanyak itu karena melebihi ketentuan yang berlaku.
“Dalam ketentuannya, uang tunai yang boleh dibawa maksimal Rp 100 juta. Di atas jumlah ini aturannya harus ada izin dari BI,” katanya.
Kendati demikian, dalam ketentuan penerbangan membawa uang tunai dalam jumlah banyak memang tidak dilarang. Namun sebelum berangkat, penumpang harus mendapat izin dari Bank Indonesia (BI).
Selanjutnya penumpang tersebut diperintahkan melapor ke petugas Air Asia dan Imigrasi untuk membatalkan keberangkatanya dan mengambil kembali uang miliknya di Posko Beacukai. Kemudian pihak Beacukai menyarankan untuk mengurus surat keterangan ke pihak Bank Indonesia.(*/Afid)
[fbcomments]