Antara Grab dan Gojek Ini Jadi Pilihan Warga

Editor : Muh. Idris

Online24,Jakarta – Lembaga riset eCommerceIQ baru-baru ini melakukan survei terhadap masyarakat di kota-kota besar di Indonesia, untuk mencari tahu transportasi berbasis aplikasi mana yang jadi favorit warga.

Riset dilakukan kepada 515 orang, terdiri dari 46 persen pria dan sisanya wanita. Hasil survei menunjukkan, 26 persen responden memilih keamanan sebagai faktor utama. Faktor kedua adalah kemudahan menemukan pengemudi, sebanyak 23 persen.

Faktor lainnya adalah promosi 22 persen, navigasi yang mudah digunakan 16 persen, pilihan layanan makanan yang beragam 3 persen, layanan yang ramah 3persen, dan penghargaan yang diberikan 2persen.

“Dari sejumlah responden menilai, diskon dan promosi lebih banyak daripada opsi lainnya,” ungkap eCommerceIQ, Minggu,(11/2/2018).

EcommerceIQ mendapatkan, 56 persen responden memilih menggunakan Gojek setiap harinya. Sedangkan, 33 persen untuk Grab dan hanya delapan persen untuk Uber.

Kebanyakan responden memilih Gojek karena aplikasi ini yang pertama kali hadir pada 2010, sedangkan kompetitornya baru 2014 masuk ke Indonesia.

Sementara Uber, aplikasi asal Amerika itu tidak begitu laris karena tidak begitu menjangkau masyarakat di Undonesia.

“Tapi akhir bulan lalu, Grab mengumumkan ekspansi ke 100 kota di Indonesia, menjadikan Grab sebagai penguasa Transportasi Online di negara ini.” tutur eCommerceIQ.