Ditetapkan KPU, Pilkada Palopo dan Luwu ‘Head to Head ‘

Reporter :
Editor : Aris Munandar

Online24, Palopo – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 yang akan di gelar di Kota Palopo dan Kabupaten Luwu bakal berlangsung “head to head”, setelah kedua KPU daerah tersebut resmi menetapkan Bapaslon jadi peserta Pilkada Kota Palopo dan Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Senin (12/2/2018) siang.

Berdasarkan rapat pleno KPU Palopo menetapkan dua Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota yakni HM Judas Amir berpasangan Rahmat Masri Bandaso dan Akhmad Syarifuddin Daud berpasangan Budi Sada.

Sementara KPU Luwu menetapkan pasangan Basmin Matayyang berpasangan Syukur Bijak (SBj) dan Patahudding berpasangan Emmy Tallesang.

Dengan demikian, hanya ada dua paslon, atau akan terjadi ‘head to head’ di Pilbup Luwu dan Pilwalkot Palopo 2018.

Hasil rapat pleno penetapan itu disampaikan KPU Luwu dalam rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati Luwu Tahun 2018, di Ruang Media Center, Kantor KPU Kabupaten Luwu, Jl Pemilu, (Kompleks Perkantoran Pemkab Luwu), Kelurahan Senga, Kecamatan Belopa, Kabupaten Luwu.

Ketua KPU Luwu, Abd Tahyyib saat sambutan menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada tim paslon yang telah memberikan koordinasi dan komunikasi yg baik selama tahapan berlangsung.

Serta ucapan terima kasih kepada mitra KPU yakni Panwaslu Luwu dan TNI-Polri yang terus memberikan pengamanan selama tahapan Pilkada ini sehingga berjalan dengan kondusif.

“Kami menjalankan tahapan sesuai dengan yang kami pedomani yakni Undang-Undang Pilkada dan PKPU, sesuai tahapan itu menjadi tanggung jawab kami. Setelah Penetapan Bakal Paslon diumumkan akan resmi menjadi psangan calon, yang akan mengikuti tahapan selanjutnya,” ucap Abd Thayyib WR.

Dalam pembacaan Penetapan dokumen syarat Pencalonan dan Calon Paslon secara resmi dibacakan oleh, Anggota Komisioner KPU Luwu, Divisi Teknis dan Penyelengaraan Pemilu, Suhaeb, membacakan bahwa berkas dokumen syarat Pencalonan, model B1, B2, B3, B4 KWK Parpol dan Calon, Patahudding-Emmy Tallesang dan Basmin Matayyang-Syukur Bijak, memenuhi syarat.

Sementara itu, Penetapan Paslon Bupati dan Calon Bupati Luwu pada Pilkada Luwu, berdasarkan keputusan KPU Kabupaten Luwu nomor: 7 /PL.03.2-Kpt/7317/KPU-Kab/II/2018, tentang Penetapan Pasangan Calon Peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Luwu Tahun 2018.

“Memperhatikan Berita Acara Rapat Pleno KPU Kabupaten Luwu nomor: 16/PL.02.3-BA/7317/K1.K2.K3.K4.K5/II/2018, tertanggal 12 Februari 2018, tentang penetapan pasangan calon peserta Pemeilihan Bupati dan Wakil Bupati Luwu Tahun 2018. KPU Luwu memutuskan dan menetapkan Pasangan Patahudding, S.Ag berpsangan Emmy Tallesang dan Drs Basmin Matayyang, berpasangan Syukur Bijak, SE, sebagai peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Luwu Tahun 2018,” ujar Abd Thayyib, saat membacakan keputusan penetapan Paslon.