Musim Politik, Polisi Incar Pengguna Akun Palsu

Reporter :
Editor : Muhammad Tohir

Online24, Parepare – Musim politik di tahun 2018 ini rawan menjadi celah ujaran kebencian, yang dimanfaatkan penggunaan jejaring sosial media melalui akun palsu. Hal ini tentu menjadi kerja keras kepolisian, guna mengantisipasi adanya gangguan akibat hasutan yang ditimbulkan pengguna media yang tidak bertanggungjawab.

Kasat Reskrim Polresta Parepare, AKP Herly Purnama, mengatakan, pihaknya saat ini telah intens memantau setiap pergerakan di jejaring sosial media. Dimana rawan pengguna akun palsu yang mengunggah dan menulis status yang tidak jelas kebenarannya, apalagi dengan konten yang menghasut.

“Kita terus pantau, apalagi ini tahun politik,” katanya.Selasa (13/02/2018).

Lebih lanjut AKP Herly mengaku sudah ada beberapa akun yang diduga palsu menjadi perhatian pihaknya. “Sudah ada beberapa akun yang kita lidik, tunggu saat bukti lengkap, langsung kita lakukan penangkapan,” tegasnya.

Menurut AKP Herly, sudah ada pengguna akun yang memposting status dan menyebar berita hoax yang diamankan. Hal itu karena dianggap meresahkan. Karena itu, masyarakat diminta untuk tidak langsung mempercayai jika mendengar atau menerima konten negatif dan provokatif melalui media sosial.

“Kemarin pengguna akun yang kita duga menyebarkan berita hoax, sudah kita amankan. Walaupun butuh beberapa hari, karena kita harus memastikan dulu pelakunya,” jelasnya.

Tidak sedikit masyarakat yang diresahkan akibat perbuatan pengguna akun palsu tersebut.

Sementara Warga Kecamatan Ujung, Amir, mengaku, resah dengan pemberitaan yang ada di akun sosial utamanya di Facebook.
“Banyak status dan unggahan konten kebencian dan hasutan yang ditulis. Hal ini tentu secara tidak langsung mengundang ancaman di masyarakat,” ujarnya.

Menurut Amir, peran polisi sangat dibutuhkan dalam menjaga dan menertibkan pengguna akun palsu. Dimana dapat merugikan banyak orang.
“Kita minta polisi segera menindak pengguna akun palsu secepatnya,” ungkapnya.