Kunker Jokowi di Sulsel: Dihadang Banjir Hingga Dicabutkan Badik

Editor : Aris Munandar

Online24, Makassar – Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja melakukan kunjungan kerja (kunker) di Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis (15/2/2018). Dalam kunjungannya kali ini, Jokowi dihadang banjir di Makassar hingga dicabutkan senjata tajam tradisional jenis badik di Gowa.

Jokowi memulai kunjungannya dengan agenda membagikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan menyerahkan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) di Sungguminasa, Gowa pada pagi hari.

Namun, dalam perjalanan ke Gowa ia dihadang banjir. Hujan yang mengguyur Kota Makassar sejak subuh mengakibatkan sejumlah ruas jalan tergenang air. Seperti di ruas Jalan Sultan Alauddin, jalur yang dilalui iring-iringan presiden.

Kondisi ini disayangkan warganet. Pasalnya, Kota Makassar yang selalu dielu-elukan pemerintahnya sebagai kota dunia tak mampu memberi sambutan ramah kepada orang nomor satu di Indonesia.

Sesampainya di Lapangan Sech Yusuf, Sungguminasa, Gowa, Jokowi yang didampingi Menteri Sosial Idrus Marham, disambut Bupati Gowa Adnan Purichta IYL.

Jokowi kemudian dicabutkan badik oleh salah satu warga yang mengenakan pakaian adat Makassar. Ini adalah bagian dari ritual Angngarru, ritual adat bugis Makassar ketika menyambut tamu istimewa.

Momen ini pun lantas menjadi viral. Foto kejadian tersebut dijadikan meme sindiran teehadap aksi cabut kartu kuning Ketua BEM UI Zaadit Taqwa beberapa waktu lalu karena kasus gizi buruk di Kabupaten Asmat, Papua.

Dalam meme yang belum diketahui pembuatnya itu, anak Makassar dinilai lebih berani karena mencabutkan Jokowi senjata tajam tradisional berupa badik.