Sebelum Dikirim ke Mako Brimob, Satpol PP di Lutra Diberi Latihan Khusus Tiap Pagi

Editor : Muh. Idris

Online24,Masamba — Setiap pagi, sekira pukul 07.00 wita, tampak puluhan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Luwu Utara berdiri tegak dengan barisan yang rapi. Di hadapan mereka berdiri seorang pria berbadan tegap yang tak lain adalah pimpinannya. Mereka diam seribu bahasa, hanya bisa mendengar setiap arahan dan wejangan dari pimpinannya. Usai diberi wejangan, barulah puluhan Satpol PP ini diberi latihan khusus.

“Kita setiap paginya mengontrol mereka. Caranya, kita kumpul mereka dan kita beri pengarahan, pencerahan, sekaligus pelatihan khusus. Ini cara terbaik untuk memupuk jiwa korsa kepada mereka,” ujar Danton Amir Mahmud,” saat ditemui di sela-sela latihan, Kamis (15/2), di samping Kantor Bupati Luwu Utara.

Amir mengungkapkan, latihan setiap pagi kepada Satpol PP adalah salah satu metode yang diterapkan Dinas Satpol PP sebelum mereka digembleng di Mako Brimob Baebunta. “Ini cara kita melatih mereka sebelum mereka kita kirim ke Mako Brimob. Salah satu tujuannya, agar mereka tidak kaku lagi saat melakukan pendidikan dan pelatihan di Mako Brimob Baebunta karena mereka telah dibekali dasar-dasarnya di sini,” terang Amir.

Amir menambahkan, para pamong diajak untuk mengedepankan nama baik kesatuan, serta menjaga sikap untuk selalu mengutamakan keamanan dan ketertiban, sekaligus menjaga aset-aset pemerintrah daerah. Untuk itu, katanya, dibutuhkan latihan khusus mewujudkan apa yang menjadi kewajiban Satpol PP tersebut. “Untuk pengiriman ke Mako Brimob, kita lakukan secara bertahap. Kalau sebelumnya kita kirim 70 personil, kali ini kita kirim 30. Kita telah membangun kerjasama dengan Brimob untuk hal ini,” pungkasnya. (*/Lukman)