Dituding Berbau Rasis, Variety Show TV Nasional China Dikecam Warganet

Editor : Muh. Idris

Online24, China – Sebuah tayangan program Komedi Show di salah satu televisi Pemerintah China mendapat kecaman dari warganet Jumat (16/2/2018).

Tayangan Variety Show tersebut yang banyak ditonton orang, merupakan program unggulan setiap tahunnya yang diselenggarakan untuk merayakan hubungan China-Afrika.

Para pemain menggunakan riasan agar tampak seperti orang kulit hitam, yang dikenal sebagai blackface. Namun sayang hal tersebut dinilai oleh banyak orang sebagai tindakan ofensif. dimana seorang aktrisnya muncul dengan muka hitam dan dengan pantat buatan yang besar.

Hiburan dimulai dengan penampilan sekelompok penari Afrika dalam pakaian ‘adat’ dan orang-orang yang muncul sebagai zebra, jerapah, singa dan antelope. Dan berjalan di atas panggung membawa nampan berisi buah di kepalanya dan diiringi oleh aktor dengan kostum monyet, membawa keranjang di punggungnya.

Sebagaimana diketahui, kegiatan ini adalah bagian dari acara Gala Tahun Baru China atau Gala Festival Musim Semi. tayang setiap kamis malam.

Beberapa pengamat mengatakan, insiden ini tidak dimaksudkan untuk menyinggung orang-orang Afrika. Namun, ini bukan kali pertama acara tersebut menimbulkan kontroversi terkait penggambaran mereka tentang etnis lain.