Minyak Kelapa Dipercaya Mampu Hilangkan Jerawat

Editor : Muh. Idris

Online24,– Minyak kelapa yang biasanya kita gunakan untuk memasak. Rupanya bisa juga digunakan untuk menghilangkan jerawat di wajah. salah seorang pakar dr Sejal Shah, pakar dermatologi dari SmarterSkin Dermatology New York, menyatakan bahwa minyak kelapa mengandung asam lemak yang bersifat antiperadangan dan antimikroba.

Kandungan yang terdapat dalam minyak kelapa tersebut dikatakan bermanfaat untuk menghilangkan jerawat pada wajah yang disebabkan oleh Propionibacterium acnes.

“Bukan hanya antimikroba dan antiperadangan, minyak kelapa juga mencegah kulit menjadi kering, penyebab utama mengapa seseorang mengalami jerawat,” tutur Shah, dikutip dari Health 24.

Shah mengatakan kebanyakan produk obat jerawat dan pembersih wajah saat ini membuat kulit wajah menjadi kering. Minyak kelapa membantu menjaga lapisan kulit sekaligus mencegah munculnya lesi dan luka akibat jerawat.

Meski demikian tidak semua orang menganggap itu benar. sehingga perlu ada penelitian ilmiah yang bisa membuktikan manfaat minyak kelapa bagi wajah.

Meski begitu, tidak dapat dipungkiri jika minyak kelapa memiliki sifat antiperadangan dan antimikroba. sehingga baik pula untuk pembersih wajah.

Minyak kelapa ini dapat digunakan untuk membersihkan wajah sepulang kerja atau setelah pesta untuk menghilangkan make-up yang berlebih di wajah.

Penggunaannya pun sangat sederhana, tuangkan minyak kelapa ke dalam wadah kecil dan pada saat yang sama siapkan juga kapas bulat bersih. Segera celupkan kapas bersih tersebut ke dalam minyak kelapa dan tempelkan ke seluruh bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama 20 menit sampai minyak kelapa di wajah kering kemudian bilas menggunakan air bersih. Lakukan treatment ini setidaknya 2 sampai 3 kali seminggu untuk hasil terbaik.

Tapi jangan lupa bilas hingga bersih. karena meninggalkan minyak kelapa di wajah justru akan dapat menyumbat pori-pori.(*/Berbagai sumber)