Deklarasi Kampanye Damai, Bupati Lutra Minta ASN Netral

Editor : Aris Munandar

Online24, Baebunta – KPU Luwu Utara, Minggu (18/2/2018), sukses melaksanakan Kampanye Damai Nasional dalam rangka Pilkada Serentak 27 Juni 2018 mendatang. Kampanye damai diisi dengan jalan santai dan senam gembira.

Kegiatan ini diikuti Bupati, Kapolres, Perwira Penghubung, Ketua dan Anggota KPU, Ketua dan Anggota Panwas, Partai Politik Peserta Pemilu, PPK, PPS, dan PPDP serta elemen masyarakat lainnya. Tidak kurang 700 peserta ikut jalan sehat yang dilanjutkan dengan senam gembira tersebut.

Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani secara tegas meminta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tetap netral dalam menghadapi Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan mendatang.

“Aturannya kan jelas bahwa ASN wajib menjaga netralitasnya. Bahwa secara personal dia punya pilihan, itu hak yang bersangkutan sebagai salah satu wajib pilih, tapi dalam posisi sebagai ASN, yang bersangkutan wajib netral,” tegas Indah saat ditemui usai Kampanye Damai di Lapangan Desa Salassa, Baebunta.

Indah Putri Indriani juga menitip harapan kepada seluruh masyarakat untuk menjaga momentum politik agar tidak tercipta polarisasi di tengah-tengah masyarakat yang bisa mengakibatkan perpecahan di dalam masyarakat itu sendiri.

“Ini sebenarnya momentum bagi kita semua untuk melaksanakan politik yang santun. Dan yang paling penting, politik tidak harus kemudian memecah belah masyarakat. Pilkada ini hanyalah salah satu media demokrasi yang harus kita lalui dalam melahirkan kepemimpinan,” tutur Indah.

Indah Putri juga berharap agar seluruh pasangan calon, tim pemenangan dan partai politik, termasuk KPU dan Panwas agar senantiasa melakukan sosialisasi dengan damai, bermartabat, sehingga kualitas pelaksanaan Pilkada bisa berjalan sesuai harapan semua orang.

“Dan yang paling penting untuk kita jaga bersama agar Pilkada nanti bisa berjalan secara beradab dan beretika adalah melakukan sosialisasi dengan damai, beradab dan bermartabat,” kunci Indah.

Sementara itu Ketua KPU Luwu Utara, Suprianto, dalam sambutannya meminta segenap masyarakat Luwu Utara untuk membuktikan komitmennya dalam menjaga Pilkada damai tetap berjalan dengan aman dan tertib.

“Melalui kampanye damai ini kami ingin menyampaikan kepada segenap masyarakat Luwu Utara untuk membuktikan komitmennya lewat penandatanganan kampanye damai di atas sebuah spanduk raksasa ini,” pungkas Suprianto.