Penilaian Robert Soal Penampilan Alhadji dan Performa PSM

Editor : Aris Munandar
Alhadji menggiring bola.
Alhadji menggiring bola.

Online24, Makassar – Muhammadou Alhadji telah melewati tesnya di PSM Makassar. Pemain naturalisasi ini tampil penuh saat tim Juku Eja beruji coba melawan PSAD Hasanuddin.

Meski menang telak 7-0 dan tak kebobolan, juru racik PSM Robert Rene Alberts punya catatan untuk penampilan Alhadji di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Minggu (25/2/2018) sore tadi.

“Saya pikir kalau kita liha performanya tadi tim lawan tidak memberikan tekanan jadi terlihat mudah bagi dia (Alhadji). Pada saat penyerang lawan adu kecepatan, dia kelihatan kehilangan posisi,” kata Robert.

Ia juga menilai wajar jika Alhadji selalu memenangkan duel udara dengan pemain PSAD. “Pada saat dia berduel udara dengan tubuh begitu dia seharusnya seperti itu. Dominan di udara,” tambahnya.

Pelatih asal Belanda ini belum memberi keputusan apakah Alhadji akan direkrut. Dia akan menganalisa performa pemain naturalisasi itu dan memeriksa hasil tes medisnya.

“Ada dua aspek yang saya bicarakan untuk mengambil keputusan. Pertama performanya dia dan hasil dari pemeriksaan medisnya yang belum keluar. Soal medis sifatnya pribadi dan tidak etis disampaikan ke media,” ucapnya.

Di sisi lain, Robert cukup puas penampilan timnya di babak pertama. Ia menilai kombinasi menyerang timnya cukup bagus dengan menutup 45 menit pertama dengan keunggulan 5-0.

“Saya punya pesan hari ini kepada tim biarkan mengalir bebas permainan kita. Banyak pergerakan bagus tadi, pergerakan tanpa bola, dan permainan satu dua, simpel,” kata dia.

Namun, tidak di babak kedua. Robert melakukan pergantian pemain hampir di semua posisi kecuali Alhadji dan Marc Anthony Klok yang dimainkan di sepanjang laga.

“Di babak kedua kita juga coba tapi lebih banyak main melebar. Mereka tidak berani bermain satu dua. Tes masih terlalu ringan. Di level lebih tinggi saya berharap mereka bisa berkembang lebih bagus,” tandasnya.