Aplikasi BPJS Mobile Berobat Tak Perlu Lagi Bawa Kartu

Reporter :
Editor : Muh. Idris

Online24, Makassar – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan berusaha sebaik mungkin meningkatkan pelayanan kepada para peserta BPJS kesehatan. Dengan inovasi dan memanfaatkan kemajuan teknologi, BPJS Kesehatan membuat terobosan baru, yakni KIS Digital. Dengan KIS digital tersebut para peserta BPJS tak perlu lagi membawa kartu fisik jika hendak berobat.

Humas BPJS Kesehatan Kantor Cabang Utama (KCU) Makassar, Anca, mengatakan bahwa untuk bisa mendapatkan KIS digital, peserta BPJS yang sudah terdaftar harus terlebih dahulu mendownload aplikasi JKN Mobile yang tersedia di Playstore dan Apstore.

“Download terlebih dahulu aplikasi JKN. Di dalam aplikasi tersebut ada e ID peserta atau KIS Digital. Jadi jika ingin berobat, tinggal buka aplikasi dan tujukan saja kartu digital tersebut ke petugas,”ujar Anca.

Anca menyebut, metode periksa dengan menggunakan KIS digital tersebut sejatinya sudah bisa diaplikasikan sejak tahun 2017.

Meski begitu faktanya di lapangan belum semua fasilitas kesehatan menerima begitu saja peserta yang hendak berobat dengan KIS Digital. Beberapa fasilitas kesehatan masih meminta peserta untuk membawa kasut fisik.

“BPJS telah menyurat ke faskes dan melakukan sosialisasi dengan masive, agar kartu KIS digital sama valid dan diterima di semua titik layanan. Namun perlu diingat juga selain kartu KIS baik fisik maupun digital, tetap harus menyertakan identitas ke 2 spt KTP/KK/Sim,” pungkasnya.

Selain KIS digital, peserta bisa melakukan pengecekan premi pembayaran, info JKN, ubah data kepersertaan, lokasi faskes dan masih banyak fasilitas lainya.