Bulan Budaya Sidrap di Tutup, Lomba Seni Ini Yang Sepi Peminat

Editor : Muhammad Tohir

Online24,Sidrap-Kegiatan Bulan budaya sebagai rangkaian hari jadi kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) Ke-674, yang digelar Dipelataran  Kanker, kecamatan maritengae, Rabu/02/2018) Ditutup.

Dalam laporannya kepala dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Sidrap Nurkanaah mengatakan, Festival bulan budaya digelar sejak tanggal 1 dan berakhir 28 Februari berjalan lancar, aman dan sukses, meski terkadang cuaca tidak mendukung disebabkan karena hujan.

Kegiatan bulan budaya ini lanjutnya melombakan Sebanyak 12 kategori seni, antara lain, Lomba busana adat murid TK yang di ikuti semua kecamatan dan setiap kecamatan 2 pasang. Selain itu Osong yang di ikuti 3 siswa SD maing-masing perwakilan dari 11 kecamatan.

“Secara umum peminatnya banyak, tapi Untuk lomba kecaping hanya di ikuti peserta dari 3 kecamatan saja.Ini berarti memang minat terhadap seni tradisional music kecaping ini sangat kurang, tentu ini bisa menjadi bahan bagi pemerintah kecamatan untuk menghidupkan kembali sanggar seni dikecamatannya masing-masing,” Ujarnya.

Selain lomba seni dalam kegiatan Bulan budaya ini juga di ramaikan oleh stand-stand dari dinas dan pemerintah kecamatan serta perusahaan-perusahaan yang jumlahnya hampir 30 stand, namun kata Nurkanaah Panitia memberikan piagam dan uang pembinaan untuk stand-stand pameran yang ada. ini dilakukan tanbahnya karena panitia tidak bisa menilai mana yang bagus karena masing-masing stand menampilkan ciri khasnya, sehingga panitia memutuskan semua stand diberikan penghargaan.

“Semuanya bagus karena menampilkan keberhasilan dalam rangka pembangunan dikabupaten sidrap,”Tandasnya.