Anda Kecanduan Handphone? Ini Gejalanya

Editor : Muh. Idris
Ilustrasi Kecanduan Handphone, teman dekat terasa jauh.
Ilustrasi Kecanduan Handphone, teman dekat terasa jauh.

Online24, Makassar – Apakah anda tipe orang yang kecanduan HP? Kecanduan HP atau disebut Cyber zombie atau Nomophobia adalah momok yang menakutkan bagi masyarakat modern saat ini. Bagaimana tidak, bagi sebagian masyarakat mereka tidak dapat melawan hasrat untuk selalu melihat atau mengutak atik smartphone mereka.

Begitulah kondi orang-orang yang sudah kecanduan HP. Bahkan mereka akan merasa cemas apabila tidak melihat HP. Mungkin sebagian diantara kita tidak menyadari itu. namun kenyataannya, semakin sering kita menggenggam smartphone setiap hari, maka semakin kita merasa nyaman sendiri. Ini dia tanda-tanda orang kecanduan HP:

1. ‘Sakaw’
Biasanya istilah ini ditujukan pada orang kecanduan obat-obatan, tapi gejalanya sama bagi orang kecanduan HP. Yakni dimana orang tersebut selalu gelisah bahkan depresi jika tidak melihat hp.maka akan terjadi reaksi di dalam tubuh yang membuat orang tersebut berusaha mencari sampai dapat.

2. Toleransi
Sama halnya dengan kecanduan heroin, kecanduan smartphone juga menyebabkan toleransi. Artinya, si pecandu selalu mebutuhkan dosis yang lebih tinggi untuk mendapat efek yang diharapkan. Jika biasanya cuma 10 menit menikmati smartphone, makin hari akan makin lama waktu yang dihabiskan dengan smartphone untuk hal-hal yang membuatnya merasa nyaman.

3. Kehilangan semangat
Jika seseorang sampai meninggalkan hobi dan aktivitas kesehariannya itulah gejalanya yang mulai parah. Pasalnya kalau sudah tidak pegang HP mereka emosional dan tidak bersemangat. Bahkan saat malam pun akan merasa tidak lengkap jika smartphonenya jauh dari dirinya.

4. Tidak punya control
Ciri lain adalah tidak adanya kontrol. Ketika sudah tidak bisa membatasi diri dalam penggunaan smartphone, maka orang tersebut selalu tidak ingin diganggu jika tengah asik bermain HP. seolah hidupnya mulai dikendalikan oleh smartphone, terkadang dengan teman pun sudah tidak dihiraukan.

5. Melewatkan banyak peluang
Menjauh dari pertemanan, kinerja memburuk, adalah beberapa tanda lain dari kecanduan. Ini juga bisa dialami ketika seseorang sudah terlalu lekat dengan smartphone. kamu tidur bersama smartphone yang sedang di-charge, baik itu kamu simpan di sebelah tempat tidur atau bahkan bersama kamu di atas kasur. Segalanya tidak ada yang mau dikerja kecuali dihadapan HP.

Nah, bagaimana dengan anda????