BPJSTK Mobile, Aplikasi untuk Cek Data Upah dan Jaminan Hari Tua

Editor : Muh. Idris

Online24, Makassar – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, BPJS Ketenagakerjaan meluncurkan aplikasi layanan bernama BPJSTK mobile di Google Playstore.

Hal tersebut dijelaskan oleh Deputi Direktur Bidang Humas dan Antar Lembaga BPJS Ketenagakerjaan, Irvansyah Utoh. Ia mengatakan bahwa aplikasi yqng dikembangkan oleh BPJS Ketenagakerjaan tersebut diluncurkan untuk memudahkan masyarakat karena memiliki sejumlah fitur.

“ada banyak fitur di BPJSTK Mobile, antara lain data upah yang dilaporkan, pengecekan saldo JHT, bahkan pelaporan jika upah tidak sesuai” ujar Irvansyah.

Ia juga menjelaskan bahwa aplikasi tersebut sudah terintegrasi dengan KTP Elektronik. Sehingga foto dalam BPJSTK Mobile menggunakan foto yang terekam dalam KTP elektronik.

Penasaran ingin mengecek saldo JHT Anda atau menikmati fitur layanannya ?

Sebelum ingin menikmati setiap fitur yang disediakan, Anda hanya perlu membuat akun terlebih dahulu di BPJS Ketenagakerjaan dengan menggunakan nomor KPJ yang tertera di kartu JAMSOSTEK atau BPJSTK Anda.

Setelah itu, Anda dapat mendownload aplikasi BPJS Ketenagakerjaan ini pada IOS, OS Android dan juga Blackberry, berikut cara daftar di aplikasi BPJS Ketenagakerjaan.

1. Download dan install aplikasi BPJS Ketenagakerjaan di Playstore.

2. Buka aplikasi BPJS Ketenagakerjaan.

3. Pada layar smartphone, akan tertera syarat dan ketentuan, silahkan klik kolom setuju dan terima.

4. Kemudian pilih menu “Daftar baru” dan masukkan nama lengkap serta alamat email yang aktif (disarankan untuk menggunakan email pribadi, bukan alamat email perusahaan atau kantor).

5. Setelah itu, silahkan cek pada email Anda untuk mendapatkan PIN yang telah dikirimkan oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan.

6. Masukkan PIN tersebut ke dalam form Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan, lalu “KIRIM”.

7. Pilih menu “LAYANAN JHT”, lalu isi data yang diminta, seperti Nomor KPJ (nomor ini tertera pada Kartu JAMSOSTEK atau BPJS Ketenagakerjaan), tanggal lahir, nama lengkap serta PIN yang telah dikirimkan tadi.

8. Jika sudah mengisi semua data yang diminta, klik “KIRIM”.

9. Langkah terakhir, silahkan masukkan nomor handphone Anda yang aktif (sebaiknya nomor ini adalah nomor tetap yang tidak gonta-ganti).

10. Setelah itu, masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan melalui SMS di nomor handphone.

11. Selamat, Anda telah berhasil menyelesaikan semua tahap pendaftaran dan pengaktifan Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan Mobile Anda.