Jelang City vs Chelsea, Pep Guardiola Puji Conte Setinggi Langit

Editor : Andhika BD

Online24, Makassar – Pep Guardiola melemparkan pujian setinggi langit dengan menyebut Antonio Conte adalah seorang master taktik. Kedua tim yang ditukangi manajer itu, Manchester City dan Chelsea akan bentrok di Liga Premier Inggris akhir pekan ini.

Conte mengadopsi formasi 5-3-2 untuk mengantarkan Chelsea meraih gelar Liga Premier di musim pertamanya. Namun The Blues terpaut 22 poin dari pemimpin klasemen City musim ini dan keduanya akan bertemu di Stadion Etihad, Minggu (4/3/2018) ini.

“Saya pikir Conte akan meninggalkan sesuatu di sepakbola Inggris. Saya yakin akan hal itu,” kata Guardiola seperti dilansir BBC Sport.

Conte sempat tersendat usai ditekuk 3-0 oleh rival sekota, Arsenal pada bulan September 2016, dan sejak saat itu mantan bos Juventus dan Italia mengubah sistemnya dari 4-5-1 untuk bermain dengan tiga bek tengah dan dua bek sayap.

Hal ini mengantarkan Chelsea meraih 13 kemenangan berturut-turut dan membawa The Blues meraih gelar kelima Liga Primer Inggris di akhir musim.

Namun, melanjutkan kampanye ini sangatlah sulit, mengingat The Blues berada di posisi kelima klasemen liga diiringi berkembangnya spekulasi seputar masa depan Conte di Stamford Bridge.

“Apa yang Antonio lakukan di sini di Liga Primer, mungkin orang-orang tidak menyadari. Dia memperkenalkan cara lain untuk menyerang dengan lima pemain di belakang, sistem lain. Banyak tim, bahkan Arsenal, harus meniru itu.”

“Secara taktis, dia adalah seorang master, dia melakukannya dengan luar biasa bersama timnas Italia dan saat dia pergi ke Turin.”

Sementara itu, City merebut Piala Carabao dengan mengalahkan Arsenal 3-0 di Wembley pada hari Minggu dan menjadi trofi pertama Guardiola sebagai manajer City. Mereka hanya kalah sekali di liga musim ini dan membutuhkan lima kemenangan dari sisa 10 pertandingan mereka untuk merebut gelar Liga Premier.

“Pada saat ini mereka tampak tak terbendung. Kita harus memuji mereka. Terkadang sangat sulit untuk menemukan kelemahan dalam tim mereka,” Conte memuji balik Guardiola.

“Bila Anda bekerja dengan baik dan ada hubungan baik antara manajer dan klub, Anda dapat bekerja sesuai keinginan Anda, untuk mencoba memperbaiki tim Anda dengan cara terbaik.”

“Manchester City memiliki kemungkinan untuk menghabiskan banyak uang. Bila Anda menghubungkan situasi ini – manajer yang baik, banyak uang untuk dibelanjakan di bursa transfer, ambisi yang sama – ini adalah hasil akhir.” tutupnya.

[fbcomments]