Ini Dia Bus Tenaga Listrik Pertama Buatan Anak Bangsa

Editor : Muh. Idris

Online24,Jakarta – Bus yang kita ketahui sebagai alat transportasi umum terkadang masih dibutuhkan oleh masyarakat perkotaan. Namun kali ini bus yang diproduksi PT Mobil Anak-Anak Bangsa (PT MAB) merupakan bus yang cukup berbeda. Yakni bus listrik dengan merk ”MAP”.

Bus listrik buatan Indonesia ini berawal dari gagasan Jenderal TNI (Purn) Doktor Moeldoko. Sebagai wujud dukungan atas program pemerintah dalam rencana umum energi nasional, sesuai dengan komitmen pemerintah melalui penandatanganan kesepakatan di konferensi perubahan iklim ke 21 di Paris Perancis 2015 lalu.

Saat ini, PT MAB telah memasuki tahapan produksi purwarupa ll (prototype ISI yang telah mengaplikasikan sistem machatronics. Bus Listrik MAB muncul ke publik pada perhelatan Gaikindo Indonesia Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC), pada 1- 4 Maret 2018 bertempat di Jakarta Convention Center.

Direktur teknik PT MAB, Bambang Trisasongko mengatakan Bus Listrik MAB ini nantinya akan diproduksi massal secara mandiri. Dengan menggunakan komponen tingkat kandungan dalam negeri (TKDM ) diatas 45%. Bus MAB ini dirancang guna memenuhi kebutuhan bus transportasi dalam kota dan antar kota.

Di samping itu, Bus Listrik tersebut juga dapat digunakan sebagai kendaraan transportasi dipelabuhan, bandara, maupun kendaraan wisata.

Selain memiliki tujuan komersial, produksi bus listrik MAB turut mendukung upaya pemerintah menciptakan kendaraan ramah lingkungan dengan menggunakan bahan bakar listrik tanpa emisi.

PT MAB pun membuka kesempatan pagi para  tenaga ahli di Indonesia, untuk bersama – sama mengajukan gagasan dan pelaksanaan semangat energi baru menuju masa depan yang Lebih baik.