Dinkes Lutim Cek Kebugaran JCH Secara Berkala

Editor : Muh. Idris

Online24,Luwu Timur – Demi menjaga kebugaran dan kesehatan jamaah haji saat menjalani ibadah haji nantinya ,pemerintah kabupaten luwu timur bekerja sama dengan dinas kesehatan dan beberapa puskesmas mengadakan pengukuran kebugaran jasmani dan pembinaan kesehatan bagi 157 calon jamaah haji, digedung wanita simpursiang, Minggu (04/03/2018).

Kadis Kesehatan Lutim, dr April menjelaskan bahwa kegiatan pengukuran kebugaran ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani calon jemaah haji. Oleh karena itu, program latihan fisik yang sesuai dengan tingkat kebugaran terus dilakukan dan kemudian akan dilakukan evaluasi atas program fisik yang telah dilakukan.

“Hasil akhir yang diharapkan adalah kondisi jemaah haji yang sehat dan bugar selama melaksanakan ibadah haji,” ungkapnya.

Kegiatan ini dimulai dengan pemeriksaan kesehatan pada seluruh jaamah haji oleh dokter, setelah itu dilakukan jalan santai keliling wilayah perkantoran untuk jamaah dibawah usia 70 tahun guna untuk melihat apakah jamaah haji dalam kondisi bugar.kegiataan ini merupakan kegiatan yang dilakukan Secara serentak oleh seluruh jamaah haji tahun 2018/ 1439.

Bupati Luwu Timur, Ir.H.M.Thorig Husler mengatakan dengan memperhatikan hasil pengukuran kebugaran tersebut, diharapkan Kepala Dinas Kesehatan dapat melakukan pembinaan terhadap para calon jemaah haji, terutama dengan kategori kebugaran kurang dan kurang sekali.

“Calon jemaah haji harus didorong secara aktif untuk melaksanakan aktivitas fisik dan latihan fisik sesuai dengan tingkat kebugaran jasmani, dan mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang, serta memeriksakan kesehatan secara rutin ke puskesmas atau rumah sakit.Jika diperlukan, pengukuran kebugaran jasmani dapat dilakukan kembali sebagai evaluasi ,” pungkasnya. (fb/hms)