Unik! Petugas Ini Tilang Pelanggar lalin Dengan Cara Ngopi Bareng

Editor : Muh. Idris
Foto Detik.com
Foto Detik.com

Online24,Garut – Mungkin anda akan terkejut ketika anda ditahan oleh pihak kepolisian Lalulintas lantaran dianggap melakukan pelanggaran. Akan tetapi lebih terkejut lagi apabila anda malah diajak ngopi bukan ditilang. Hal itulah yang dilakukan Polantas dari jajaran Polres garut di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu (4/3/2018).

Sejumlah pengendara yang melintas Jalan Ahmad Yani, Garut Kota, tepatnya di persimpangan Asia merasa bingung saat diberhentikan petugas. Bukannya ditilang, mereka justru diajak ngopi dan berbincang bareng polisi. Mengenai pelanggaran mereka.

Para pelanggar diminta untuk turun dari kendaraannya. Setelah terlebih dulu diperiksa kelengkapan berkendaranya oleh petugas, para pelanggar kemudian dipersilakan untuk ngopi di meja yang telah disediakan, bareng polwan.

Kasatlantas Polres Garut AKP Erik Bangun mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari sosialisasi Operasi Keselamatan Berkendara 2018 yang akan digelar 5 hingga 25 Maret ini.
“Kita melaksanakan tindakan preventif dulu, melaksanakan pencegahan terjadinya kecelakaan dengan cara yang humanis,” kata Kasat Lantas Polres Garut AKP Erik Bangun.

Erik mengatakan, pemahaman yang dilakukan pihaknya kepada para pelanggar dengan cara ngopi bareng bukan tanpa alasan.

Saat ngopi, petugas menjelaskan kepada para pengendara akibat dari pelanggaran yang dilakukan. Selain berbahaya bagi keselamatan pelanggar, pelanggaran yang dilakukan di jalan juga dapat membahayakan pengendara lain.

“Kita lakukan pencegahan dengan cara yang humanis. Kalau pagi-pagi gini biasanya masih pada ngantuk, jadi belum fokus. Makannya kita ajak ngopi dulu biar fokus,” katanya.
Selain mengajak para pelanggar untuk ngopi, polisi juga memberikan helm gratis bagi para pengendara yang ketahuan tidak memakai helm.