Ini Kebiasaan yang Dapat Merusak Kualitas Sperma

Editor : Endhy
Ilustrasi
Ilustrasi

Online24 – Kesuburan pria ditentukan dari bagus atau tidaknya kualitas sperma yang diproduksi. Banyak faktor yang bisa memicu sperma yang kurang baik atau tidak berkualitas. Mulai dari gangguan kesehatan sampai kebiasaan-kebiasaan kecil yang sering disepelekan, bahkan sering kita lakukan setiap hari.

Berikut ada beberapa kebiasaan yang sering di lakukan cowok dan tanpa disadari ternyata merugikan bahkan mengancam kesehatan dan kualitas dari sperma yang dilansir dari idntimes.com. Mau tahu apa saja?

  1. Memangku laptop terlalu lama

Memangku laptop terlalu lama dapat mempengaruhi kesehatan dan produktifitas dari sperma itu sendiri, sebab suhu laptop yang semakin lama semakin panas dapat langsung berpengaruh dan menghambat produksi sperma yang bagus. Ada baiknya jika menggunakan laptop, letakkan di atas meja dan hindari pemakaian terlalu lama.

  1. Merokok dan minum alkohol

Bukan hanya berpengaruh pada kualitas sperma, merokok dan minum minuman keras memang tidak di anjurkan oleh ahli kesehatan. Dikarenakan tembakau dan alkohol dapat merusak fungsi seksual. Juga nikotin yang terkandung dalam rokok dapat mengganggu motilitas/pergerakan sperma. Selain memperlambat pergerakan sperma, merokok dapat meningkatkan disfungsi ereksi.

  1. Terlalu lama berendam atau mandi air panas

Berendam atau mandi air panas terlalu lama dapat menyebabkan penurunan kualitas dan jumlah produksi sperma, bahkan mortilitas. Hal ini dapat mengurangi dan mempengaruhi tingkat kesuburan cowok.

  1. Memakai pakaian dalam terlalu ketat

Mengenakan pakaian dalam yang terlalu ketat dalam jangka waktu yang lama dapat mengakibatkan gerah dan memicu suhu panas, perlu diketahui suhu panas sangat tidak baik bagi pertumbuhan sel sperma. Celana yang terlalu ketat juga produksi sperma yang kurang berkualitas karena kurangnya sirkulasi udara.

  1. Pola makan yang tidak sehat

Pola makan yang tidak teratur dan sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat dapat mengakibatkan kualitas sperma menurun. Sering mengonsumsi junk food dan makanan berminyak sangat tidak baik untuk kesehatan dan sangat berpengaruh pada kualitas spermamu.

Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin A dan C, mengosumsi daging sapi dan ayam juga bagus untuk produktifitas sperma yang baik.