Penerimaan CPNS 2018, Ini Yang Diprioritaskan

Editor : Muh. Idris

Online24,Jakarta – Mungkin inilah info yang anda tunggu-tunggu. Jika anda punya keinginan untuk menjadi aparatur sipil negara (ASN).

Pemerintah RI menyampaikan bahwa tahun ini 2018 akan dibuka lagi lowongan jadi CPNS.

Hali ini disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur saat memberi gambaran mengenai posisi yang akan dibuka pada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini.

ia mengatakan akan membuka banyak posisi untuk bidang kesahatan dan pendidikan.

“Prioritas pendidikan dan kesehatan karena kedua bidang ini tidak boleh kurang. Posisi lain juga kami prioritaskan tapi harus sesuai nawacita, seperti tenaga teknis pembangunan infrastruktur,” ucapnya.

Asman menegaskan pada tahun 2018 ini pemerintah Indonesia akan membuka lowongan CPNS tak lebih dari 200 ribu karena menganut asa ‘minus growth’. Tidak lebih dari jumlah yang pensiun.

“Tahun ini yang pensiun lebih 200 ribu, nanti yang akan direkrut tak akan lebih dari itu karena kita menganut ‘minus growth’. Itu juga merupakan usaha untuk menemukan angka ideal untuk jumlah seluruh PNS di seluruh Indonesia,” kata dia.

“Saat ini ada 4,3 juta PNS. Nanti kita akan maksimalkan fungsi seseorang, jumlahnya kita cari idealnya karena sudah dibantu sistem e-government,” terangnya.

Dengan sistem itu Asman Abnur berharap PNS yang diterima juga memiliki kompetensi yang baik dan sesuai dengan kebutuhan.(*/Rls)