Kisah Haru Selfi, Wakil Sulsel di Liga Dangdut Indonesia

Reporter :
Editor : Aris Munandar
Selfi, wakil Sulsel di Liga Dangdut Indonesia (LIDA). foto: istimewa
Selfi, wakil Sulsel di Liga Dangdut Indonesia (LIDA). foto: istimewa

Online24, Soppeng – Kecermerlangan Selfi, perempuan 18 tahun yang mewakili Sulawesi Selatan di ajang Liga Dangdut Indonesia (LIDA) ternyata tak secemerlang kehidupannya.

Desember 2017 lalu, Selfi mengikuti audisi pencarian bakat yang dilaksanakan stasiun televisi nasionalitu dan lolos mewakili Sulawesi Selatan.

Selfi lahir dan tumbuh besar di Kelurahan Mancanre, Kecamatan Liliralau adalah anak sulung dari pasangan Yamman dan Muliyati. Ia memiliki adik perempuan Zulfianti dan adik laki-laki Saiful Saputra

Bakat Selfi bernyanyi sudah tampak sejak umurnya 4 tahun. Saat duduk di bangku SD, ia sering ikut organ kesenian (orkes) untuk menghibur masyarakat dan menjadi menjadi duta sekolah.

Selfi dibesarkan dari keluarga cukup sedehana, bersama adik dan kedua orang tuanya mereka tinggal rumah berukuran 5 x 7 meter dengan perabotan seadanya.

Untuk penerangan pada malam hari saja, keluarga Sefli awalnya hanya meminta aliran listrik dari tetangga. Selain itu, keluarga Selfi juga terdaftar sebagai penerima Rastra

Untuk menghidupi keluarganya, ayah Selfi hanya bekerja sebagai buruh penebang pohon pisang yang digunakan untuk mengasapi daun tembakau dengan upah Rp2500 perpohon. Dari pendapatan itu, Yamma berusaha menyisihkan uang untuk mencicil sebuah becak motor (bentor) yang saat ini digunakannya untuk menambah pendapatannya.

Melihat kegigihan suaminya, Mulyati ibu Selfi tak tinggal diam. Perempuan berusia 43 tahun itu rela menjadi buruh cuci baji di rumah tetangganya demi membantu meringankan beban keluarga dan juga jadi buruh di indutri rokok rumahan dengan upah Rp8 ribu hingga Rp15 ribu.

Setelah menamatkan pendidikan SMP, Selfi memilih tak melanjutkan sekolahnya. Anak yang dikenal ramah ini terpaksa berhenti dengan harapan ia bisa membantu orang tuanya bekerja sehingga adiknya tetap lanjut sekolah.

Berkat dukungan pemerintah dan masyarakat Kabupaten Soppeng, Selfi kini menjadi wakil Sulawesi Selatan dalam ajang LIDA. Diakui ibu Selfi, Muliyati, dirinya tidak pernah bermimpi anaknya bisa lolos di ajang bergengsi itu.

Kini Selfi menjadi harapan keluarga dan masyarakat Soppeng yang terus mengirimkan beribu doa serta dukungan agar bisa menjadi juara di LIDA.