Ikuti Rakor KASN, Sekda Lutim Ingatkan ASN Jaga Netralitas

Editor : Endhy

Online24, Lutim – Sekertaris Daerah Kabupaten Luwu Timur menghadiri Rapat Koordinasi Mitra Kerja KASN Bidang Pengawasan Netralitas ASN Pada Pilkada Serentak Tahun 2018 Dalam Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan yang dilaksanakan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), bertempat di Hotel Novotel, Kamis (08/03/2018).

Rakor ini diikuti oleh Seluruh Sekertaris Daerah Kabupaten/Kota, BKPSDM, Inspektorat Kabupaten/Kota, Bawaslu daerah provinsi Sulawesi Selatan dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten/Kota se- Sulawesi Selatan.

Turut mendampingi Sekertaris Daerah Kabupaten Luwu Timur, Kepala BKPSDM, Kamal Rasyid, Inspektur, Salam Latif, Ketua Panwaslu Luwu Timur, Rahman Atja.

Tasdik Kinanta, SH M.Hum Komisioner KASN Bidang Mediasi dan Perlindungan saat membuka Rakor menegaskan kembali pentingnya netralitas ASN yang dapat meningkatkan kualitas masyarakat dalam berdemokrasi dan profesionalisme ASN. ASN yang tidak netral akan mengganggu pelayanan kepada masyarakat.

Menurut dia, ketidaknetralan ASN dalam pilkada diperkirakan akan berdampak pada kekacauan birokrasi. Kekacauan birokrasi akibat ketidaknetralan ASN terjadi karena adanya penyalahgunaan kewenangan khususnya bagi ASN yang menjabat sebagai pejabat dalam birokrasi,” ucapnya.

Sebagai lembaga yang salah satu tugasnya menjaga netralitas ASN dalam pilkada serentak 2018, Pileg dan Pilpres, KASN telah berkoordinasi dengan jajaran Bawaslu guna mengawasi para ASN agar menjunjung tinggi netralitas serta profesionalitas.

Sementara Sekda Luwu Timur, Bahri Suli usai mengikuti rakor menghimbau agar ASN di Luwu Timur tetap menjaga Netralitas. Menurutnya ada banyak sanksi yang akan didapatkan jika ASN kedapatan tidak netral dalam pelaksanaan Pilkada serentak Tahun 2018.

Yang sebagai Narasumber Drs. Makmur Marbun M.Si Direktur Fasilitasi Kelembagaan dan Kepegawaian Perangkat Daerah, Ir. Bambang Dayanto Sumarsono, M.PA Asisten Deputi Pembinaan Integritas dan Penegakan Disiplin SDM Aparatur, I Nyoman Arsa, SH, M.Si Deputi Bidang Pengawasan dan Pengendalian, Dr I Made Suwandi M.Soc.Sc Komisioner KASN Bidang Pengaduan dan Penyelidikan, Dr H.L Arumahi, MH, Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan.