Peraturan Baru Akan Diterapkan di Uji Coba PSM vs Perseru

Editor : Aris Munandar
Winger PSM, Zulham Zamrun kembali berlatih.
Winger PSM, Zulham Zamrun kembali berlatih.

Online24, Makassar – Peraturan baru akan diterapkan saat PSM Makassar beruji coba melawan Perseru Serui. Klub bisa mengganti pemainnya yang dihadiahi kartu merah sehingga jumlah pemain di lapangan tetap 11 orang.

Meski menyalahi aturan induk federasi sepakbola FIFA, namun ada alasan dibalik penerapan aturan ini. Sekertaris PSM, Andi Widya Syadzwina mengatakan hal ini sengaja diterapkan agar tim bisa memaksimalkan kekuatannya di uji coba tersebut sebelum tampil di Liga 1.

“Jika ada kartu merah, pemain yang terkena kartu merah tetap bisa diganti karena untuk memaksimalkan makna pertandingan uji coba untuk bisa memainkan semua pemain dari tim,” kata Wina sapaannya, Jumat (9/3/2018).

Dia menjelaskan jika aturan itu hanya diberlakukan pada uji coba yang akan dihelat di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Sabtu (10/3/2018) besok malam, dan telah disepakati kedua tim.

“Keputusan ini diusulkan dan telah disetujui oleh kedua tim pada saat Match Coordination Meeting (MCM),” jelasnya.

Selain itu, tiap pelatih bisa melakukan pergantian pemain sebanyak 9 kali. “Sistem pergantiannya dalam 3 kali pergantian dan jumlah pergantiannya bebas,” ucapnya.

Soal jersey, PSM masih akan mengenakan jersey away berwarna putih. Sementara tim Cendrawasih Jingga julukan Perseru dengan jersey home-nya berwarna hitam-orange.