Ratusan Siswa SMPN 3 Makassar Ikuti Praktek Umbroh dan Haji di Asrama Haji Sudiang

Editor : Muh. Idris

Online24,Makassar – Pendidikan Agama di sekolah merupakan hal yang mutlak diberikan pada siswa sekolah untuk menanamkan keimanan dan ahlak yang mulia serta memahami bagaimana menjalankan kewajiban sebagai umat.

Salah satu contoh adalah dengan mengajak siswa mengadakan simulasi manasik haji di Asrama Haji Sudiang. Yang dilaksanakan oleh SMPN 3 Makassar, Sabtu (10/3). Pagi.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh pihak sekolah agar siswa bisa memahami proses Haji dan Umbroh dengan baik dan benar.

Sedikitnya puluhan siswa siswi SPENTIG ini diajak belajar sambil praktek tentang tata cara penyelenggaraan Haji dan Umbroh. Di Komplek Asrama Haji Sudiang.

Siswa-siswi SMPN 3 Makassar saat berfoto bersama guru pembimbing manasik Haji di Asrama Haji Sudiang.

Dimana sejumlah siswa dari kelas 9 diwajibkan mengikuti kegiatan ini yang terdiri dari 9.1 hingga 9.12, Sebagai rangkaian meteri pembelajaran Agama Islam.

Menurut guru pembimbing Agama SMPN 3 Makassar, Dra.Hj Hafsah.M,Si, materi haji dan umbroh ini diberikan agar seluruh siswa lebih mudah memahami dan lebih berkesan daripada hanya sekedar teori.

“Kegiatan ini kami laksanakan agar siswa lebih berkesan. Dengan melakukan praktek seperti ini. Dan mudah-mudahan dengan adanya praktek ini siswa nantinya sudah paham” Ujar Dra.Hafsah.

“Rangkaian kegiatannya antara lain siswa belajar umbroh, niat ikhram, tawaf dan pelontaran” tambahnya.

Ini adalah kegiatan perdana yang diselenggarakan SMPN 3 Makassar. Yang disambut antusias oleh sejumlah siswa. Olehnya itu Ia juga berharap kiranya dengan adanya kegiatan ini guru Agama lain bisa mengikuti.

“Sebenarnya sejak awal, sejak adanya materi Agama ini. Saya selaku guru, sudah lama saya cita-citakan tapi baru kali ini terwujud. Mudah-mudahan kedepan guru- guru agama lain juga bisa seperti ini.” Pungkasnya.

Laporan: Siti Arah Suniyah
Siswi kelas 9.9 SMPN 3 Makassar