Mengenal Sir William Henry Perkin, Sosok Google Doodle Hari Ini

Editor : Aris Munandar
Sir William Henry Perkin, Sosok Google Doodle Hari Ini.
Sir William Henry Perkin, Sosok Google Doodle Hari Ini.

Online24, Makassar – Kalau bukan karena penemuan Sir Henry William Perkin, industri tekstil saat ini mungkin masih kesulitan memproduksi pewarna, khususnya untuk warna ungu yang dulu terkenal mahal.

Berawal dari eksperimen Sir William Henry Perkin yang berhubungan dengan serangga paling mengganggu di kawasan tropis seperti Indonesia, nyamuk.

Sir William Henry Perkin bereksperimen dengan senyawa organik yang diekstrak dari batubara ketika dia berusaha mengolah kina untuk kebutuhan produksi obat malaria murah.

Pada abad ke-19, malaria adalah wabah yang umum ditemui di negara-negara jajahan Inggris di garis khatulistiwa.

Percobaan Sir William Henry Perkin boleh saja gagal dan obat malaria ampuh baru ditemukan perempuan Tiongkok, Tu Youyou, 116 tahun kemudian atau tepatnya pada 1972. Namun, percobaan gagal Sir William Henry Perkin telah menghasilkan warna ungu yang tak lagi identik dengan warna kerajaan.

Pada era tersebut, warna ungu banyak dicari untuk pewarna pakaian karena berkesan aristokrat. Namun, pewarna ungu mahal dan sukar diperoleh.

Penemuan mauveine membuat warna ungu jadi mudah dan murah untuk diterapkan di pakaian. Sir Henry William Perkin pun beralih ke sektor manufaktur untuk memproduksi mauveine yang lantas laku keras dan memicu tren warna ungu di dunia fashion ketika itu.

Saking ngetrennya, bahkan Ratu Inggris Victoria mengenakan gaun ungu yang diwarnai dengan mauveine saat berada di Royal Exhibition tahun 1862. Penemuan Sir Henry William Perkin segera diikuti oleh kemunculan pewarna sintetis lain, seperti fuchsine, safranine, dan induline. Sir Henry William Perkin sekaligus mengawali berdirinya industri kimia untuk pewarna sintetis dan kerabatnya, industri farmasi.

Hari ini, Google merayakan ulang tahunnya yang ke-180.

Perancangnya adaalah ilustrator Sonny Ross yang juga asal Inggris seperti Perkin. Sir Henry William Perkin dianugerahi gelar bangsawan “Sir” pada 1906. Dia meninggal dunia setahun setelahnya karena pneumonia dan komplikasi lain.