Dua Pelaku Penipuan Online Modus Mengatasnamakan Pejabat Diringkus Polisi

Reporter :
Editor : Aris Munandar

Online24, Makassar – Penipuan online mengatasnamakan pejabat penting diungkap Polisi. Ditreskrimsus Polda Sulsel melalui unit Cyber Crime berhasil meringkus 2 pelaku asal kabupaten Sidrap yakni RG (29) dan A (29).

Kedua pelaku diringkus pada Jumat (9/3/2018) lalu, di Kabupaten Sidrap setelah melancarkan aksinya di tempat yang berbeda. Yakni di Desa Tanete, Kecamatan Maritengngae dan Kelurahan Lautang Benteng, Kecamatan Maritengngae, Kabupaten Sidrap.

Menurut Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani bahwa modus operandi pelaku adalah dengan berpura-pura menjual handphone pada akun facebook Deby Ardi Wiyanto.

“Korban yang sudah membeli HP, tidak lama kemudian korban ditelpon oleh pelaku lainnya serta mengatas namakan diri dari bea cukai. Lalu korban diancam karena membeli hp ilegal,” ucap Dicky saat menggelar jumpa pers di Mapolda Sulsel, Senin (12/3/2018).

“Kamu kalau tidak kasi uang kamu kena,” ujar Dicky Sondani meniru percakapan antara pelaku kepada korbannya.

“Pelaku juga ngaku sebagai menteri keuangan, mengaku sebagai Polisi Kombes Pol Yudhiawan dalam menjalankan aksi penipuannya,” tambahnya.

Pelaku pun berhasil meminta sejumlah uang dan menyebabkan korbannya menderita kerugian hingga Rp 150 juta.

Sementara itu, petugas berhasil mengamankan 3 unit handphone merk Nokia dengan tipe yang berbeda.

“Kedua pelaku diancam pidana penjara paling lama 12 tahun dan denda paling banyak Rp12 Milyar,” tutup Dicky Sondani.