Kuasa Hukum Appi-Cicu Optimis Kalahkan KPU Makassar di PT TUN

Reporter :
Editor : Asri Muhammad

Online24, Makassar – Kuasa Hukum Appi-Cicu, Irfan Idam, optimis gugatannya diterima oleh majelis hakim Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT TUN).

Hal ini diungkapkannya saat ditemui usai sidang di PT TUN, Jalan AP Pettarani, Selasa (13/3/2018).

“Kami sangat yakin gugatan kami akan diterima,” ujarnya.

Irfan Idam menjelaskan, dalam Sidang lanjutan kali ini menghadirkan mantan ketua MK, Prof Hamdan Zoelfa.

Dalam penjelasannya, ia mengatakan norma penerapan pasal 71 ayat 3 PKPU sangat jelas.

“Prof Hamdan Zoelfa mengatakan tadi dipersidangan bahwa pasal 71 itu sangat jelas tidak perlu lagi dijelaskan jika petahana gunakan kewenangannya untuk politiknya sanksinya itu jelas pembatalan,” terang, Irfan Idam.

Lanjut Irfan, dalil KPU Kota Makassar yang mengatakan pelanggaran yang ditemukan harus dilaporkan dulu ke Bawaslu itu tidak perlu.

“Dari penjelasan prof Hamdan Zoelfa itu tidak perlu karena Bawaslu bukan lembaga pasif melainkan lembaga aktif apa lagi kondisi saat ini,”tambahnya

Kemudian dari frase menguntungkan atau tidak, calon petahana itu sudah sangat jelas dipersidangan keterangan saksi fakta.

“Dari keterangan saksi fakta membuktikan bahwa memang menguntungkan calon petahana seperti pengumpulan form dukungan dan penggerakan relawan pendidikan itu sangat jelas menguntungkan calon petahana,” tuturnya.

Sidang sengketa Pilwakot Makassar ini akan kembali bergulir pada tanggal 21 Maret 2018, dengan agenda pembacaan keputusan majelis hakim.