Keterangan Saksi Kuasa Hukum Appi-Cicu Dinilai KPU Makassar Tidak Rugikan Penggugat

Reporter :
Editor : Muh. Idris

Online24, Makassar– Gugatan Kuasa Hukum Appi-Cicu telah sampai pada keterangan saksi ahli. Selanjutnya, akan masuk pada tahapan kesimpulan oleh Hakim Majelis Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara.

Lantas bagaimana tanggapan KPU Kota Makassar sebagai pihak yang digugat selama proses persidangan yang telah berlangsung lima kali ini ?

Menurut Kuasa Hukum KPU Kota Makassar, Marhumah Majid mengatakan keterangan saksi fakta yang dihadirkan kemarin tidak ada kerugian bagi pelapor.

“Saya kira dikaitkan saksi fakta kemarin tidak ada kerugian pihak pelapor, tidak ada membuktikan, menurut saya keterangan saksi itu untuk menunjukkan program pemerintah yang tidak efektif bukan menunjukkan bahwa ini pelanggaran,” ujarnya, saat ditemui usai sidang, Selasa (13/3/2018).

Lanjut, Marhumah menjelaskan misalnya kehadiran relawan pendidikan mengantarkan Danny Pomanto saat pendaftaran di KPU Kota Makassar itu tidak ada paslon yang dirugikan ataupun diuntungkan.

“Karena pada saat hadir dalam pendaftaran yang menyuruh bukan paslon, ditanya teman kamu yang tidak ikut dapat sanksi tidak, tidak jawaban saksi,”paparnya.

Selain itu, Marhuma juga menjelaskan terkait penjelasan keterangan saksi ahli guru besar Hukum Adminstrasi Unhas, Alimuddin Umar yang merupakam saksi ahli KPU menjeleskan secara bahwa persoalan muncul setelah penetapan KPU itu tidak boleh dikaitkan.

“Saya kira penjelasan alimuddin umar ini bahwa persoalan yang muncul tidak boleh setelah penetapan tidak boleh dikaitkan kecuali ada persoalan baru silahkan diproses jika terbukti kita akan diskualifikasi sesuai pasal 71 PKPU ayat 5,” tutupnya.