Guru Pukul Siswa, Kadisdikbud Sidrap Bilang Begini

Editor : Muhammad Tohir

Online24, Sidrap- Terkait kasus guru SDN 12 Tanrutedong yang memukul betis siswanya dengan mistar hingga dilaporkan ke polisi oleh keluarga sang murid. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidrap Nurkanah mengatakan jika guru Hj Sarrati tidak berniat melukai muridnya, melainkan hanya memberikan pembinaan terhadap siswa tersebut setelah mendorong dua orang rekannya hingga terjatuh.

Nurkanaah menambahkan kejadian tersebut sebenarnya memprihatinkan, namun selaku pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, pihaknya sudah memediasi kedua belah pihak.

“Alhamdulillah, kami sudah memediasi antara guru dan Keluarga siswa bekerjasama dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI) dan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sidrap,” ungkap Nurkanaah, saat dikonfirmasi, Rabu (14/03/2018).

Menurut Nurkanaah, Pihak keluarga siswa sudah sepakat dengan guru berdamai tanpa melalui jalur hukum. “Mudah-mudahan kedepan tidak terjadi kekerasan terhadap siswa. Dan kami Selaku pihak Dinas Pendidikan akan terus melakukan pengawasan dalam Proses Belajar Mengajar (PBM).”katanya.

Sekretaris Daerah Sidrap, Sudirman Bungi membenarkan bahwa pihak Dinas Pendidikan sudah memediasi antara guru dan pihak keluarga siswa untuk damai.

“Pihak kepolisian bersama dengan IGI dan PGRI sudah memediasi antara kedua belah pihak,” ungkap Sudirman.

Melihat kasus ini, sebenarnya pihak guru tidak punya maksud dan tujuan melukai siswanya. Itu hanya semata-mata untuk menegur dan memberikan pembinaan.