Waspada Komersialisasi Kreatifitas Komunitas Pesona Indonesia

Editor : Muh. Idris

Online24,Makassar — Maraknya pembentukan komunitas Generasi Pesona Indonesia (GenPi) di sejumlah daerah menyebabkan beberapa instansi mulai mencari relawan yang bisa masuk dalam komunitas ini.

Relawan GenPi Sulsel, Achmad Zulkarnaen Zaenal mengaku kecewa dengan penyelenggaraan kegiatan ini yang dilakukan di hotel berbintang dan terkesan komersial.

“Generasi Pesona Indonesia (GenPI) adalah sebuah komunitas yang terbentuk secara independen. Kami mau gerakan ini tidak terlalu di dikte birokrat. Biarkan kami berkarya dan berekspresi,” ucap penggiat Makassar Tourism Community ini saat menghubungi awak media di Makassar hari ini.

Pria yang akrab disapa Aldri ini menginginkan inisiator GenPi Sulsel menggelar kegiatan pelantikan relawan pesona indonesia ini di destinasi unggulan. Bukan mencari sponsorship industri perhotelan sehingga pembentukan lembaga independen ini terkesan komersial.

Generasi Pesona Indonesia (GenPi) adalah gerakan yang bermula dari Wonderful Lombok Sumbawa yang akhirnya menyebar secara nasional. GenPI merupakan sekumpulan relawan pariwisata nusantara.

Jiwa-jiwa muda yang selama ini aktif melakukan promosi pariwisata melalui media sosial seperti blog, facebook, twitter, instagram, path, dan lain lain.

Karena fokus promosi dalam dunia digital maka anggota GenPi sering dijuluki “Laskar Digital Merah Putih”. Sosok itu sendiri menjelaskan arti lain GeNPI sebagai Gerakan Nusantara (untuk) Pariwisata Indonesia.

Salah satu hasil kerjasama Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia dengan GenPI adalah pengejawantahan program promosi wisata “go digital” yang tengah gencar dilakukan oleh Kemenpar sebagai salah satu strategi pemasaran pariwisata Indonesia. (*/Rls)